blogpenna.com

November 17th, 2010 Kelebihan dan kekurangan masing2 jenis finishing

Buat anda yang sedang membangun rumah, memesan furniture di bengkel furniture ditempat anda ataupun mengerjakan sendiri…mungkin sedikit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan masing2 bahan finishing furniture. Anda bisa memutuskan apa yang akan dipakai, sesuai dengan pilihan dan budget yang akan anda gunakan…hanya sekedar referensi aja broo.. lanjuuutt…:tkp
Read the rest of this entry »

November 13th, 2010 Jangan Anggap Enteng Ukuran!!!

Judul diatas memang terlalu keras..tapi benar bro…penting banget..!!
Bila hal itu dianggap sepele, nantinya akan susah sendiri saat kita akan melakukan pekerjaan pemasangan furniture untuk custom made furniture. Kita harus memperhitungkan semua..mili demi mili nya (milimeter maksudnya boss…;).
“Kenapa harus millimeter, kenapa gak centimeter atau meter?? Klo kilometer bisa..??” :hoax2 (bisa banget, buat bikin jalan..bukan buat bikin lemari..!!) :hammers
Karena kita di workshop, sudah sepakat memakai satuan millimeter, supaya lebih terukur dengan dengan jelas juga sebagai satuan yang terkecil buat kami melakukan pekerjaan di workshop. Tergantung kebiasaan aja sih..
1 hal lagi masukan atau saran saya, sediakan selalu adjuster pada setiap sisi tembok menempel pada bidang kabinet/wadrobe untuk bisa disesuaikan sesuai kondisi fisik di lokasi…karena perlu anda tau, sebagus apapun kontraktor rumah anda dalam mengerjakan/membangun rumah anda, pasti terdapat dinding yang tidak siku/miring/tidak rata. Hal tersebut bukan karena disebabkan 100% karena kontraktor tsb salah..tetapi ada faktor lain yang menyebakan hal itu seperti kondisi tanah yang labil, tingkat kekerasan tanah diberbagai daerah juga berbeda2, menurunnya permukaan tanah setelah adanya kegiatan pengambilan air melalui pompa dan lain2.
Lain dengan penggunaan lemari/kabinet untuk ruangan bebas (tidak ada yang menempel ke dinding) seperti kabinet pajang, meja tamu dll tidak diperlukan lagi adanya adjuster.
“buat apa adjuster…??” kebanyakan nanya… :bata liat di sini gan..

November 13th, 2010 Kegunaan Adjuster

Saat produksi furniture, kita memang berpatokan dari gambar kerja yang ada juga ukuran dari hasil survey pengukuran langsung di lokasi. Jadi bisa ditentukan berapa millimeter adjuster yang diperlukan untuk setiap kabinet, berapa kemiringan dinding yang ada dilokasi, apakah adjuster diperlukan untuk sisi kanan, kiri atau belakang saja..

“Apaan si adjuster..??”
Masing2 orang mempunyai pandangan dan arti berbeda terhadap Adjuster, klo buat saya adjuster itu semacam penyesuai furniture untuk bidang dinding yang menempel ke furniture atau sebaliknya.
Jadi aplikasinya, pada saat kita akan memasang furniture tersebut…(bukan dindingnya yang harus mengikuti furniture tapi furniture yang mengikuti dinding) kita tinggal memotong/menyerut adjuster tersebut. Kaya gambar dibawah boss..
Read the rest of this entry »

November 6th, 2010 Tips Pemasangan Wallpaper 2

Kali ini saya cuma mau memberikan sedikit saran dan tip tambahan untuk pemasangan wallpaper pada media dinding khususnya yang berada pada dinding dengan saklar, stopkontak, telephone dan lain2. (klo semua dindingnya polos berarti bukan rumah..tapi gua… :ngakak )
Untuk pemasangan wallpaper sangat dibutuhkan kerapihan dan kesabaran dari si pemasang. karena, sedikit saja ada robek atau tarikan yang terlalu kuat akan terlihat cukup jelas.
Pada pemasangan wallpaper pada bidang dinding yang terdapat aksesories yang saya sebut diatas, lebih baik aksesories tersebut dilepas dulu, setelah semua terpasang baru dikembalikan lagi seperti semula.
kaya gambar dibawah gan..:
Read the rest of this entry »

November 4th, 2010 Saran dan Tips menggunakan material MDF untuk cat duco

Mungkin beberapa pembaca ada yang mengeluhkan, gimana sih buat pintu lemari tidak bergelombang setelah diberikan aplikasi cat duco. Banyak koq yang punya masalah seperti itu.

Mungkin ada beberapa cara, salah satunya yang biasa saya pakai. Misal anda mau membuat pintu lemari, usahakan ketebalan dari pintu itu sendiri minimal 18 mm. Saya gak sarankan dibawah minimal 18 mm, karena engsel dari pintu akan lebih baik dengan sekrup 15 mm. Maksudnya disini supaya lebih kuat dan dalam sekrup tersebut masuk ke bidang pintu karena kemampuannya untuk menahan beban pintu itu sendiri. Beda cerita dengan rel laci, yang sekrupnya masuk kebidang kanan dan kiri (samping2nya) otomatis lebih kuat dibanding
engsel yang hanya 1 sisi saja. (klo gak ngerti, tanya tukang aja..ntar di contohin..hehheeee… :bingung )
Read the rest of this entry »

November 4th, 2010 Saran dan Tips aplikasi media cat untuk furniture.

Waktu yang terbatas, membuat saya kadang2 susah mencari waktu yang tenang buat nulis di blog sendiri..apalagi di blog orang..hehheee.. kadang bakat menulis juga hilang2 timbul..(kebanyakan ngilangnya… :hammer: )
Sekarang saya hanya membahas finishing dengan media cat jenis duco yang biasa kita lakukan di workshop kita…(bahasa gaulnya..studio..hehheee ;) )..yang saya sendiri bilang pengecatan tuh pekerjaan orang gila..udah dicat terus diamplas, terus dicat lagi..abis itu diamplas lagi..abis itu dicat lagi…ckckkcck..kan gila!! Just kidding bro.. :cendol
Ada beberapa langkah standar yang biasa kita lakukan (mungkin di workshop lain juga sama kali..), tapi mungkin sedikit tip untuk mengingatkan aja…
Read the rest of this entry »

November 4th, 2010 Sekilas pandangan finishing furniture dengan media cat.

Sebenarnya udah dari dulu mau menulis tentang finishing furniture, khususnya finishing yang menggunakan media cat baik itu melamik atau duco. Tapi waktu gak sempet bro…hehheee.. Mungkin sekarang harus dimulai juga..
Untuk beberapa klien saya yang tidak mau menggunakan finishing tempel seperti Veneer (lapisan tipis kayu asli), HPL (laminate), Tacon, PVC (polyvinyl carbonate) dengan alasan kurang alami, kurang mewah, terkesan biasa dan alasan lain2..maka mereka meminta finishing dengan cat. Walaupun saya telah menjelaskan, finishing dengan menggunakan media cat..maka cost/biaya yang akan ditanggung akan lebih besar dari finishing tempel dan waktu pengerjaan yang agak lama. (paling mereka hanya bilang…”asal jangan jelek aja kualitasnya..” dan saya akan menjawab..”klo jelek saya janji akan mengembalikan budget ibu..” hehehee…serius..!!) :beer:
Read the rest of this entry »

September 28th, 2010 Tema ruangan Kontemporer

Dalam menghadapi klien yang meminta kita untuk mengatur sebuah ruangan/rumah yang masih baru atau sekedar berpikir untuk mengubah tata ruang yang sudah ada sebenarnya nggak susah :angel: , karena ada banyak sekali inspirasi-inspirasi yang bisa kita lihat dari lingkungan sekitar, media elektronik, dan media cetak. Pengaturan sebuah ruangan, sekarang bukan lagi sesuatu yang monoton dan terus berkembang layaknya fashion. Satu style yang paling gampang untuk diterapkan adalah desain interior kontemporer. Style ini biasanya mengedepankan furnitur-furnitur yang simpel, tidak banyak warna, dan segi-segi furnitur yang juga simpel sehingga membuat ruangan terlihat lebih bersih, lega, dan modern. Dibawah ini akan saya berikan tips-tips untuk menerapkan style kontemporer di ruangan anda :

  1. Berikan dasar ruangan warna yang netral, hal ini membuat ruangan-ruangan terlihat seperti memiliki kesatuan.
  2. Warna yang terang memberikan cahaya dan menambah space lebih ke dalam ruangan. Pilihlah warna seperti off-white yang merupakan warna paling netral untuk semua ruangan.
  3. Read the rest of this entry »

September 27th, 2010 Harga dan Budget

Mungkin faktor ini yang paling penting dimana kita bisa menetukan jenis dan kualitas barang yang akan kita beli..faktor harga…yuuuppp..!! Setiap barang yang dibuat selalu ada segmentasi pasar yang sudah otomatis tercipta. Misal, pada kasus yang sering kita hadapi :
Kasus 1
Anda butuh suatu barang yang mendukung kinerja anda dalam bekerja dikantor yang anda buat sendiri, bilamana kantor tersebut hanya sementara dan tidak memerlukan suatu prestige yang tidak terlalu penting maka anda bisa mendapatkan barang yang siap pakai seperti meja kantor, kabinet file, dan lain2. Saya rasa anda bisa mendapatkan di toko2 furniture disekitar tempat tinggal anda dengan harga yang sangat terjangkau sekali…
lain halnya dengan contoh dibawah ini
Read the rest of this entry »

September 11th, 2010 Office Layout

Akhirnya…hasil iseng2 browsing, terdampar di salah satu situs bagaimana interior ruangan kantor, layout bahkan furniturenya perusahaan2 besar seperti Microsoft, Facebook, Google, Youtube dan lain2..mungkin bisa membuat mata seger plus menambah inspirasi buat ngedesign dan mempercantik tampilan kantor kita sendiri…. ^_^ simple, cool & minimalist…

Hhmmm…mau jelas lagi?? liat aja disini www.officesnapshots.com