blogpenna.com

September 28th, 2010 Tema ruangan Kontemporer

Dalam menghadapi klien yang meminta kita untuk mengatur sebuah ruangan/rumah yang masih baru atau sekedar berpikir untuk mengubah tata ruang yang sudah ada sebenarnya nggak susah :angel: , karena ada banyak sekali inspirasi-inspirasi yang bisa kita lihat dari lingkungan sekitar, media elektronik, dan media cetak. Pengaturan sebuah ruangan, sekarang bukan lagi sesuatu yang monoton dan terus berkembang layaknya fashion. Satu style yang paling gampang untuk diterapkan adalah desain interior kontemporer. Style ini biasanya mengedepankan furnitur-furnitur yang simpel, tidak banyak warna, dan segi-segi furnitur yang juga simpel sehingga membuat ruangan terlihat lebih bersih, lega, dan modern. Dibawah ini akan saya berikan tips-tips untuk menerapkan style kontemporer di ruangan anda :

  1. Berikan dasar ruangan warna yang netral, hal ini membuat ruangan-ruangan terlihat seperti memiliki kesatuan.
  2. Warna yang terang memberikan cahaya dan menambah space lebih ke dalam ruangan. Pilihlah warna seperti off-white yang merupakan warna paling netral untuk semua ruangan.
  3. Jangan memilih warna yang sangat putih pucat karena membuat ruangan anda seperti rumah sakit. Inilah sebabnya mengapa off-white selalu disebut sebagai pilihan utama.
  4. Ketika memasang kitchen-set atau mengatur sebuah ruangan yang tidak dibatasi dinding, pilihlah sudut dimana anda merasa cocok untuk memasang kabinet dan rak. Ruangan yang tidak dibatasi tersebut bersifat lebih fleksibel karena anda bisa meletakkan beberapa kabinet dan rak sekaligus tanpa terlihat kaku.
  5. Pilihlah warna yang lebih terang untu kabinet dan rak, karena akan membuat area ruangan terlihat lebih besar dan lebih fungsional. Satu hal yang perlu diingat, pilih lemari kabinet yang berpermukaan glossy dan bukan matte (dove), karena refleksi cahaya pada permukaan yang glossy akan menambah space pada ruangan.
  6. Pada ruang tamu, pilihan warna yang lebih gelap untuk kayu furniture diutamakan untuk menambah kesan elegan.
  7. Pilih satu warna kesukaan anda untuk membuat ruangan tidak membosankan. Misal merah, pink, hijau, kuning, biru, dan banyak warna lainnya sah-sah saja untuk digunakan. Tambahkan warna-warna ini pada dekorasi seperti bantal, alas meja, dll. Tetapi ingat, jangan terlalu berlebihan dalam menerapkan warna tersebut karena hal tersebut malah bisa menyebabkan hilangnya “feel” dari warna netral yang sudah lebih dahulu diaplikasikan.
  8. Untuk kamar tidur, pilih warna cat netral untuk dinding dan warna netral yang lebih gelap untuk tempat tidur dan tirai.
  9. Tambahkan juga lukisan-lukisan atau aksesoris favorit anda yang bisa menggambarkan kepribadian pemilik rumah. Tetapi harus diingat lagi, jangan pernah berlebihan dalam memasang lukisan dan aksesoris tersebut karena malah akan membuat ruangan jadi kaku.
  10. Kamar mandi harus tetap dibiarkan simpel dan bersih, dengan warna yang tidak terlalu banyak. Bisa juga ditambahkan gambar-gambar kecil di dinding, atau menambahkan sentuhan warna melalui handuk yang tersusun rapi atau aksesoris lainnya.
  11. Mungkin itu sedikit saran yang membantu…hanya sekedar saran dan masukan. Bila anda punya saran lagi, tolong ditulis juga yaa.. dikomentar bawah.. thanks!!

Leave a Reply

CommentLuv Enabled
[+] kaskus emoticons nartzco