blogpenna.com

November 4th, 2010 Sekilas pandangan finishing furniture dengan media cat.

Sebenarnya udah dari dulu mau menulis tentang finishing furniture, khususnya finishing yang menggunakan media cat baik itu melamik atau duco. Tapi waktu gak sempet bro…hehheee.. Mungkin sekarang harus dimulai juga..
Untuk beberapa klien saya yang tidak mau menggunakan finishing tempel seperti Veneer (lapisan tipis kayu asli), HPL (laminate), Tacon, PVC (polyvinyl carbonate) dengan alasan kurang alami, kurang mewah, terkesan biasa dan alasan lain2..maka mereka meminta finishing dengan cat. Walaupun saya telah menjelaskan, finishing dengan menggunakan media cat..maka cost/biaya yang akan ditanggung akan lebih besar dari finishing tempel dan waktu pengerjaan yang agak lama. (paling mereka hanya bilang…”asal jangan jelek aja kualitasnya..” dan saya akan menjawab..”klo jelek saya janji akan mengembalikan budget ibu..” hehehee…serius..!!) :beer:

Tapi benar, semuanya memang tinggal dari kita (khususnya di workshop saya sebagai tempat produksi) untuk membiasakan jangan terlalu mengejar keuntungan saja…tapi berani untuk menjaga kualitas dengan menggunakan material yang bagus (biasanya material jenis ini gak murah bro..). Karena terlalu murah juga percuma, mata gak bisa di bo’ongin…hehheee.. :roll:

Saya ambil contoh : Misal dengan cat biasa dengan harga 45-50 ribu akan terlihat hasilnya juga biasa dan tahap kerja yang dilewatin juga lebih banyak dan material khususnya thinner dan cat akan lebih banyak juga dibanding dengan menggunakan cat jenis PU dengan rentang harga 110-120 ribu serta thinner yang lebih khusus tetapi hasil yang diinginkan bisa melebihi ekspektasi yang kita harapkan. Jangan lupa, tenaga kerja juga menjadikan penentu untuk proses hasil yang akan kita capai, sedikit yang kita berikan ke mereka (para tukang khususnya) maka mereka juga kerja akan dibatasi (gak akan maksimal dan sepenuh hati).

Semuanya memang berakhir ke budget, tapi tepatkah anda untuk mencari tempat produksi yang anda percaya untuk tidak main2 dengan material..dengan orientasi kepercayaan yang anda berikan ditukar dengan kualitas yang nantinya anda dapatkan. Saya yakin masih banyak workshop/bengkel furniture diluar sana yang masih jauh lebih baik dari tempat saya yang alakadarnya…hehheee… semoga anda bisa mendapatkannya.

Artikel saran dan tips pengecatan klik disini

3 Responses to “Sekilas pandangan finishing furniture dengan media cat.”

  1. Winda Says:

    cari alternative untuk cat semprot utk menekan budget

    [Reply]

    penna Reply:

    cat semprotnya jenis apa dulu bu boss.. melamik atau duco.. klo melamik pasti hemat dikantong. klo cat duco pasti nguras kantong.. :cd

    [Reply]

  2. Georgianna Says:

    Want to copy articles from other blogs rewrite them in seconds and
    post on your page, or use for contextual backlinks?
    You can save a lot of writing work, just type in gogle:
    Daradess’s Rewriter

    [Reply]

Leave a Reply

CommentLuv Enabled
[+] kaskus emoticons nartzco