blogpenna.com

March 12th, 2010 Tips menempel Veneer, HPL, Tacon, PVC

Aplikasi finishing tempel untuk furniture

Dalam tulisan ini sekarang saya mungkin akan membahas sedikit tentang finishing pada furniture dan bagaimana cara melakukannya. Karena beda material pada finishing beda pula pengaplikasiannya. seperti kita ketahui finishing sangat penting terhadap funiture selain untuk nilai estetika dari furniture itu sendiri juga untuk membuat furniture itu menambah ketahanan kayu itu dari faktor external seperti cuaca yang lembab, benturan dll.

Seperti kita ketahui finishing ada beberapa jenis yaitu, Finishing cat (melamik & duco) dan finishing tempelan yang berupa bahan sintetis yaitu Veneer (lapisan tipis kayu asli), HPL (laminate), Tacon, PVC (polyvinyl carbonate) yang bentuknya berupa lembaran atau roll dan direkatkan dengan menggunakan lem khusus.

Ok, untuk pengaplikasiaan pada bidang kayu (Plywood, MDF dan Particel Board) adalah sama. Tetapi tergantung dari material apa yang akan kita pakai.

Finishing pada Veneer lebih mudah dibanding  material tempel lainnya..karena cukup menggunakan lem kuning atau lem putih (bila dengan lem putih biasanya harus lama pada proses penge-press-an) supaya tidak mudah lepas. Hanya saja untuk benar-benar bagus harus di cat semprot atau kuas (untuk detil fiinshing veneer pada kesempatan lain akan saya bahas)

Untuk finishing  HPL dan Taconsheet, lem yang digunakan bisa untuk semua lem dari rentang harga Rp. 85.000 keatas atau bisa kita lihat dari tingkat kekentalan lem tersebut (karena biasanya beda harga beda pula tingkat kekentalannya dan beda pula daya tahannya..harga gak bisa bohong sob..hehehe :wink: ). Mungkin yang perlu diperhatikan adalah saat menyambung siku/sudut dari bidang tersebut dan saya menyarankan untuk siku/sudut tersebut lebih baik menggunakan lapisan edging (yg lebarnya 2 cm s/d 5 cm). Bisa juga menggunakan HPL tersebut dan saya menyarankan juga untuk pergi ke tukang cat oplosan meminta mereka supaya membuat warna pokok yang sama dari HPL tersebut (seperti kita ketahui pada HPL selalu hitam pada bekas potongannya) agar kita bisa menutupi/menyamarkan bekas potongan tadi.

Terakhir finishing menggunakan PVC ((polyvinyl carbonate), memang agak susah untuk mendapatkan hasil yang bagus karena material ini sangat tipis (0,04mm, sekali lagi harga gak bisa bohong hehehe. :arrow:  lanjuut..) tapi jangan kuatir asal kita bisa sabar pasti hasil yang didapat bisa maksimal. Untuk aplikasi pvc ini biasanya (kami di workshop) menggunakan lem dengan harga Rp. 85,000,- s/d Rp. 90,000,- karena mengejar tingkat kekentalan yang sedikit encer supaya saat penempelan bisa diurut (menggunakan kayu dilapisi kain) sambil ditekan ke material kayunya bila menggunakan lem yang kekentalannya tinggi biasanya akan menggelembung seperti udara (lagipula dari sisi penjualan biasanya finishing dengan pvc ini sangat murah harga per-unitnya, saya memang tidak sarankan). Untuk sudut-sudutnya lebih baik dilakukan pelipatan dengan cara dipotong dengan cutter dan jangan sampai terpotong putus pvc itu supaya bisa dilipat dan dijadikan edging. Untuk pemotongan pada sisa2 lipatan itu lebih baik saya sarankan menggunakan media tidak tajam (supaya garis pemotongan lainnya tidak terkena/terserut).

Untuk aplikasi diatas (kecuali veneer) memang lebih baik menggunakan edging untuk menutup sisi2 material tersebut..tapi harus diingat juga pada siku/sudut edging tersebut dihaluskan menggunakan mata router khusus. Dan untuk veneer (bila budgetnya bagus akan lebih kuat dengan menggunakan lem heverin yang harganya Rp. 250,000an)

Semoga tulisan dari pengalaman kita di workshop bisa berguna bagi kawan2 semua.. thanks 4 all.

210 Responses to “Tips menempel Veneer, HPL, Tacon, PVC”

  1. sugiarto Says:

    Saya tertarik dgn Aplikasi menggunakan HPL bagaimana cara untuk :
    1. menempel ke plywood cara dan bahan lem nya apa saja?
    2. memotong siku ( pakai apa yg hasilnya bagus )
    3. menyambung dgn rapi antara HPL yg beda warna bgm ?
    Mohon informasinya, terima kasih

  2. penna Says:

    Thanks buat kunjugan dan pertanyaannya..sorry bukan maksud menggurui..mungkin hanya saran dan tips yang biasa kita lakukan..ok saya coba jawab :
    1. setelah kita potong sesuai pola yang akan kita tempel (pola vertikal/horizontal..bebas, sesuai selera..hehheee). bisanya untuk HPL kita pakai lem kuning yang banyak beredar di pasar. (kalu kita biasa pakai fox) untuk masing2 alas, baik hpl dan plywood. setelah itu kita coba diamkan +/- 5 menit (sambil menyiapkan bahan lain yang kan ditempel) setelah itu baru ditempelkan ke bidangnya dimulai dari kedua sudut atas/sudut bawah. baru diurut kan ke arah akhir.. (yg penting jangan terdapat udara didalamnya, bisa menggelembung setelah lama bro..)
    2. Pada teorinya, memang memotong harus dengan yang tajam, seperti cutter, pisau potong, gergaji mesin/kayu..tapi pada kenyataannya..ternyata masih ada yg lebih baik lagi..potong dengan penggaris siku (yang biasa dipakai tukang yang berbentuk L)..saya juga gak tau kenapa bisa lebih mudah dan rapih memotong dengan ini padahal ini bukan benda tajam..hahahaa…tapi benar, dicoba aja.. gak ada salahnya..dan agak diserong ke dalam memotongnya.
    3.klo memang beda warna, potong dengan cutter pas pertemuan hpl beda warna itu dengan cara ditumpuk dan dipotong sekaligus..(maaf agak susah jelasinnya, mending ke workshop aja..dicontohin deh nanti hehehhee.. klo di tekhnik potong-sambung wallpaper namanya overlapping dan agak sedikit rumit, tapi klo bisa rata motongnya..hasilnya bakalan bagus). bisa juga diberi modifikasi dengan cara diberi jarak 3mm-5mm (seperti tali air) biasanya klo kita mengerjakan yang seperti ini kita modifikasi dengan stainnless U pas di pertemuannya. jadi stainnless itu selain untuk menutupi sambungan juga untuk variasi. bebas mau pakai yang cara apa…
    1 lagi, pengerjaan yang baik jangan terburu2 bro, lebih baik dikomplain lama pengerjaanya tapi hasil rapi dan bagus daripada harus dikomplain karena jelek kualitas pengerjaannya…

  3. deff Says:

    bos tanya dong ada ga sihh hpl…takon…/sejenisnya di finishing ulang..biar lebih glossy

  4. deff Says:

    :wink: thanks ya ..sebelumnya

  5. penna Says:

    Hi bro, thanks buat jjs nya…:Yb untuk tacon dan hpl kita pernah ngerjain di finishing ulang dengan memakai cat..khususnya hanya saat melakukan peng-glossyan aja. jadi bahan yg udah jadi (yg sudah terlapis hpl/tacon klo memang berjenis doff) disemprot lagi dengan cat PU glossy. Lebih baik klo memang ingin gloss memakai yang jenis lacquer aja. jadi material cat ditambahkan/dicampur dengan material fiberglass supaya tahan gores, hasilnya akan terbentuk seperti adanya material kaca. tapi memang harga produksi/fabrikasi nya menjadi tinggi. tapi worthed koq dengan hasil yang didapat. saya pernah buat hal ini untuk pekerjaan sub untuk kontraktor didaerah brawijaya, Blok M. Yang sangat diperhatikan adalah saat penempelan tacon/hpl tersebut ke plywood..harus menggunakan lem dengan material bagus bro. karena lem dengan harga murah (biasanya daya rekatnya kurang) akan mengangkat lapisan hpl/tacon tersebut saat pengecatan..kenapa?? karena sifat dasar thinner tersebut yang panas. untuk sekedar tau, thinner yang digunakan untuk pengecatan ini juga bukan thiiner yang murah seperti ND super (+/- Rp. 8.000 /liter) tapi minimal dengan thinner jenis HG (+/- Rp. 15.000/liter) dan semakin mahal harga thinner tingkat panas nya juga akan semakin tinggi. Jadi tukang finishingnya juga harus ok… gitu sob..
    Tapi klo memang terbentur budget, biasanya saya sarankan buat memilih finishing yang sudah glossy aja..misalnya hpl dari aica sudah menyediakan HPL glossy. di cek aja di pinangsia atau panglima polim. klo gak salah harganya per lembar (120cmx240cm) Rp. 350 ribu – Rp. 450 ribuan.. ohh ya, saat awal pengamplasan juga memakai amplas halus aja sob, sekedar untuk membuat kasar aja pada permukaan HPL/Tacon tersebut.
    Sekedar Informasi, klo harga jual di showwroom2 interior dengan finishing lacquer biasanya berkisar Rp.4,5 juta – Rp. 6 juta…
    Btw, klo memang pengen di glossy, ngapain harus pake ditempel segala…kenapa gak langsung aja dari awal dicat. gak makan biaya dan waktu yang banyak. Klik disini aja buat liat proses pengecatan.
    Ya ud, semoga infonya bisa jadi masukan broo.. trus biar bisa ketemu tempat produksi yang bagus…hehehee..

  6. Merry Says:

    tolong advisnya. Saya sedang mengerjakan kitchen set. kitchen set dibuat sendiri, sudah jadi, tapi belom 100%. belom dipasang HPL dan untuk bagian table topnya pemotongan kayu tidak rata. Ada dua lapis untuk table topnya, lapisan pertama dan kedua tidak rata. Sekarang bingung cara merapikannya krn keduanya sdh di paku. Tolong infonya.
    Jika ada teman yang bisa bantu menyelesaikan, tolong bantuannya krn aga desperate nih,nyari tukang susah

  7. penna Says:

    hallo bu merry.. dari keterangan yg ibu berikan..(mudah2an sesuai bayangan/gambaran saya)…:-). mungkin ada 3 kemungkinan :
    1. bila memang ingin menggunakan granit/marmer dan kondisi alas untuk meletakan granit/marmer tsb tidak rata, bisa dilakukan pengamplasan dengan amplas kasar atau dilakukan penyerutan dengan alat serut biasa sampai setengah halus (yg penting agak rata)..karena nanti juga akan tertutup granit/marmer tsb.
    2. bila ingin menggunakan hpl/tacon sebagai top nya (pengganti granit/marmer) memang bagian atas harus rata..mencegah supaya tidak bergelombang. atau dibuat lagi kerangka baru untuk top table nya. dengan ukuran = panjang (panjang dapur yng sudah ada) x lebar (biasanya 60 cm sudah termasuk bibir depan) x tebal (biasanya tebal 2 cm dan bibir depan 4 cm) lalu diletakan diatasnya. (dalam kondisi dapur ibu bisa disesuaikan lagi ketebalan bibir depannya itu karena sudah ada..dengan kata lain “ditimpakan/ditiban” diatasnya)
    3. cara yang lebih murah memang diserut lagi atasnya lalu ditempel HPL (bila memang top memakai hpl/tacon) atau granit/marmer/solid surface.
    4. cek bagian lantai, karena lemari mengikuti permukaan lantai (bila memang yg ditaruh bukan yg digantung). klo memang lantai tidak rata, memang harus dibongkar lagi..mumpung belum jadi. klo sudah jadi akan lebih besar lagi cost nya seperti kerusakan material, nad pintu harus diset ulang lagi, dll.

    mudah2an ibu berkenan mengirimkan fotonya melalui emai saya di blogpenna.gmail.com, biar saya lebih jelas dan pasti untuk merekomendasikan cara memperbaikinya. atau mungkin lebih bagus, saya ke lokasi untuk melihat kondisi nya… tenang bu, no fee apapun…bila memang didaerah jakarta..hihihii :Yb

  8. sugiyanto Says:

    saya mau coba bikin dipan anak berbentuk mobil dengan warna yang berbeda (warna warni) bahan yg saya gunakan mdf tebel 18mm, dengan finishing tempel tacosheet, tapi untuk bagian tepi agar lebih kuat bahan finishing tempel apa yang cocok? thank n di tunggu articel yang lainnya sob

  9. penna Says:

    hallo mas…iyanih masih gak ada waktu buat nulis artikelnya..padahal udah di set kata2nya… :cd
    btw, klo buat pinggiran pake edging aja yang warnanya senada…atau ada edging dari merk artic yang garis2..gak usah sama dengan warna tacosheet juga gak apa2..kan pas sama temanya yang warna warni… :thumbup terus buat lem nya..kalo mau pake lem merk heverin biar kuat. klo gak salah harganya 250-275 ribu/galon sob..cuma klo mau lebih murah pake lem fox aja tapi yang kalengnya warna biru (bilang aja fox biru) harganya sekitar 90-100 ribu/galon. abis itu di router deh..atau dihaluskan pinggiranannya. biar gak tajam kena kulit anak2 yang masih tipis…
    #untuk saran aja sob.. setau saya dipan anak bentuk mobil kan banyak lekukannya… karena lekukan yang terlalu lekuk akan membuat kemampuan lem itu berkurang…karena adanya daya balas dari hpl itu sendiri dan jangan lupa bersihin bekas lem yang bersisa di antar sambungan, nanti bisa termakan oleh anak2 ya gan..klo boleh saran sih mendingan pake cat aja terus pinggirannya udah pasti halus..kan diamplas terus di cat.. ok gan…gudluck yaa.. :toast

  10. Abu Salma Says:

    Tanya lagi boleh kan… kalau saya mau buat meja buat belajar anak, lalu saya pakai finishing cat semprot (misalnya pilox) langkah apa yg harus dilakukan? apakah plywood kita beri dempul kayu untuk menutup pori2? ada temen yg bilang di cat saja dulu dengan cat tembok? masa sih? Saya ingin mejanya terdiri dari beberapa warna putih, biru, dan pink. Thanks ya.

  11. penna Says:

    hallo gan, pa kabar.. siapp..siapp.. menurut saya nih, lebih baik klo bisa jangan pake pilox, karena pilox klo udah lama pasti mengelupas akhirnya kerja dua kali..mending klo kerja 2 x, klo kelupasan cat tersebut sampe termakan kan bisa bahaya..anak2 kan gak bisa diatur gan.. ane gak bisa saran, sorry. :cd emang murah sih bos, tapi kan gak sebanding sama nyawa anak ente.. ok gann..
    tapi klo mau cat biasa bisa mau saya saran, lebih baik memang dilapisin dempul (sanpolak) tapi banyak banget nanti pemakaiannya dan gak bakalan rata (ane berani taruhan). mending ente beli multyplek12 mm trus lapis mdf 3 mm, baru di sampolak, trus cat dasar epoxi trus cat dasar nippe. pasti bagus. jangan lupa diamplas pada selesai tahap2 tersebut.. :thumbup ane jamin bagus, daripada pake pilox.
    ok boss..

  12. jigsaw Says:

    gan, ane mo nanya nih :D
    ane lagi ngerjain kitchen set sendiri, yah gak bagus2 amat sih. :malu cuman dua meja. meja kompor sama meja disamping kompornya.
    niiatnya sih mo dilapis tacon/HPL gitu, cuman nyari di beberapa toko bangunan di deket rumah kok gak ada yg sreg yah. motifnya kurang sreg gitu :cd . ada rekomendasi gak buat nyari tacon yang banyak pilihan motifnya didaerah jakarta?? terus kan hpl/ tacon kalo buat toppingnya meja kompor katanya gak kuat panas ya??? musti diganti apa ya??
    thanks gan :2thumbup :shakehand2

  13. penna Says:

    hallo gan, sorry nih..baru buka web lagi..hehheee.. biasa..ada kejar tayang kerjaan di bandung… :cd
    rekomendasi buat nyari tacon/hpl mending ke daerah pinangsia, blok m, klender. nama tokonya abadi. terus mengenai top table kitchen mending pake marmer atau granit (harga ok koq, sebanding dengan cost..maksudnya daripada pake tacon..) soalnya emang gak kuat buat nahan panas yang terlalu berat.
    siyyapp gan, ane doain biar bagus jadi kitchennya.. klo rumah sendiri jangan nanggung boss, sayang….akhirnya keluar cost 2 kali..

  14. Aji Says:

    Met gini hari gan, ane mau tanya kalo buat motong HPL ada alat khusus ga? kalo ada, namanya apa?

  15. penna Says:

    malam juga gan, ane sih di workshop gak ada yang namanya alat khusus buat motong hpl, kita biasa potong hpl yah pake circle (yg buat potong kayu) dan Cutter. tapi itukan kita potong dilebihkan minimal 1 cm dari bibir papan/multyplek yang sudah kita potong. terus pinggirannya bisa dirapihkan pake kikir/serut/penggaris Siku L. Nahh abis itu diamplas deh.. okehh boss. klo bingung ke tempat ane aje gan..
    btw, thanks buat JJS siang nya.. :beer:

  16. sugiyanto Says:

    thank atas saranya dipan mobil buat si buah hati sudah selesai hasilnya sebanding ama cost yg aku keluarkan. eh lagi2 mau tnya ne kan gratis he he he . kalau menempel acosheet aau sejenisnya yang bagus selain pakai mesin press apa ya? tk di tunggu kunjungan baliknya ya

  17. penna Says:

    hallo gan, pa kabr juga… weiitzz.. udah jadi donk mobil2an nya… hehhe..siap..siappp…gak dijualkan mobil2annya?? :siul :ngakak
    btw, klo nempelin taconsheet (HPL) gak perlu mesin press bos, cukup ditekan atau dipukul2 pake palu karet juga bagus koq.. yg penting lem nya harus bagus boss. nahh..klo finishingnya pake PVC (decosit,supercon dll) yg jenisnya tipis biasanya per roll dengan harga 24 ribu-28 ribu /m1 nya, maka finishingnya gak bisa sembarangan bos, material juga mempengaruhi kerapihan hasil finishing tersebut… klo kita biasanya gak di press mesin, cukup di press pake tumpukan triplek setelah penempelan yg agak susah itu. ane sih saran, lebih baik pake HPL aja (lebih tebal dari jenis PVC), selain mudah, cukup ok koq hasilnya..trus pinggirannya pake edging yang 2-4 cm yang ada dipasaran. warna nya bisa disesuaikan… trus biar rapih setelah ditempel edging, maka di router deh pinggirannya pake mesin atau pake cutter (kalo diworkshop kita pake mesin router boss..)
    ok bozz, cukup segini dulu yee.. next time..lanjutt..
    :toast

  18. sugiyanto Says:

    seep maturnuwun sanget n sukses selalu … dipan bentuk mobil sementara buat anak sendiri gan. tapi kalau ada yang berminat saya terima pesanan. o ya di tunggu artikel yg lainnya.
    sugiyanto recently posted..Tip memilih meja komputer untuk anakMy ComLuv Profile

  19. sugiyanto Says:

    ok tapi setelah di router kan terbuka lagi padahal bentuknya jadi ada r nutupnya pakai cat atau apa he he he maklum biasa kerjain bahan kayu solid gan masih belajar pakai bahan kayu olahan ne
    sugiyanto recently posted..Tip memilih meja komputer untuk anakMy ComLuv Profile

  20. penna Says:

    siapp bos..thanks buat doa2nya.. jampi2nya sekalian donk…hehehhee…. sukses juga ya gan..

  21. penna Says:

    hehehee… gak apa2 gan, sama kita juga masih belajar.. :iloveindonesia maksud route disini bukan yang sampe habis, karena ketebalan edging itukan 2 mm, jadi pas disudut itu yg dirouter (gak sampe habis/terbuka). coba deh bos, sering liat meja2 kantor seperti merk2 lain, meja komputer dll, liat deh pas di edgingnya itu di router dan gak sampe habis. klo gak pake router yahh pake cutter bos, cuma lama..hehhee..
    btw, koq webnya gak bisa diakses?? ada peringatan. kenapa gan??

  22. rifan Says:

    saya mau nanya nih… kalo bahan pelapis yang mengkilap untuk kitchen set apa yah namanya? thanks

  23. penna Says:

    untuk bahan pelapis maksudnya finishing cat atau tempel gan?? klo finishing tempel pake hpl yang berjenis glossy (kilap) atau akrilik. klo mau mengkilap pake finishing cat yahh jenis PU boss.. abis itu di pernis deh pake clear glossy (ati2 retak..harus pake yang sejenis gan).. mau lebih kilap dan kuat lagi, pake finishing cat jenis lacquer dan dicampur serat fiber… :2thumbup mannteeppp… tapi keterampilan tukang cat disini harus diatas rata2 boss, soalnya bakalan lebih susah, lama, dan cost yang gak murah.. ok broo..!! karena biar bagaimanapun juga, finishing cat memang terlihat lebih mewah dan mahal… bukan begitu bukan?? :beer:

  24. rifan Says:

    Mo tanya lagi nih… kalau mo motong HPL sebaiknya dibagian yang atas atau bagian yang bawah.. soalnya sudah mencoba pake cutter hasilnya pecah-pecah.. ada tips ngga memotong HPL yang rapi? thanks

  25. penna Says:

    gan, klo mau motong hpl yang agak rapih (nggak pecah) pake kikir aja, tapi diayun agak cepat…terus diamplas deh. pake penggaris siku juga bisa. bingung kan… hehheee… beda tangan donk boss, mereka kan udah bertahun2 ngerjainnya…ok sob.. gud luck.

  26. susi Says:

    saya sedang membuat lemari dari blockboard dengan bahan finishing HPL. tetapi setelah jadi di ujung pinggiran yang nyambung dengan HPL lain banyak yang tidak rapi, walau sudah menggunakan edging. Ada yang saran pakai penjepit dari aluminium. Bisa kasih info gan dimana bisa dibeli penjepit aluminium itu. Thanks

  27. penna Says:

    hallo bu, memang masalah di sambungan antar hpl khususnya pada pemakaian edging seringkali suka kasar/tajam. mungkin faktor kerapihan dan kualitas tenaga kerja yang perlu diperhatikan. sebenarnya kalo saran saya, menggunakan amplas halus juga bisa, asal kesabaran pekerja dituntut sangat berperan disini atau bisa juga dengan menggunakan cutter dengan disisik samping2nya. Seharusnya ada alat yang namanya edging trimmer (memang alat khusus untuk memotong edging) pasti rapih. btw, memang untuk menggunakan penjepit alumunium lebih bagus, (coba liat disini ) dan rapih juga..tapi lebih dituntut skill pekerja juga. khususnya pemasangan pada pertemuan edging alumunium tersebut. klo gak rapih pasti akan tajam (terkena kulit akan tergores), asal yang rapih pemasangannya.. Untuk pembelian bisa di panglima polim, pinangsia (abadi pinangsia), dan didaerah klender (abadi klender). kalo didaerah bandung di sekitar jalan ABC klo gak salah. Coba aja dulu saran saya yang pertama tadi, karena nanti cost yang akan keluar bisa lebih sedikit.
    ok buu.. semoga infonya bisa membantu yaa.. :shakehand2

  28. susi Says:

    Thanks for advise

  29. muh fitrah Says:

    Salam kenal. Saya lagi mau kerjakan interior apotik+praktek dokter di sulawesi, mohon bantu beberapa info :
    1. Apakah HPL bisa diaplikasikan di dinding, sebagai pengganti wallpaper?
    2. Bagaimana aplikasi untuk dinding yg tdk rata?
    3. Kalo mau pesan rak/display apotik di tempat mas bisa ga?

    Nice blog bro, sayang saya dah ga di jakarta jadi ga bisa main ke ws nya. Sebelumnya thanks ya

  30. penna Says:

    hallo gan..salam kenal juga.. :Yb thanks buat kunjungan di blog alakadar ini.. hehehee… thanks juga udah buat sharing disini.. tapi ane bukan berarti menggurui yaa.. mungkin ane coba jawab satu2 nih gan..
    no. 1. HPL bisa juga diaplikasi sebagai pengganti wallpaper, tapi ada beberapa hal yang penting diperhatikan..misal permukaan dinding (rata atau tidak)
    No. 2. Klo buat diaplikasi di dinding yang gak rata yahh pake rangka trus dilapis triplek abis itu langkah terakhir baru ditempel HPL nya.
    No. 3. Ane sih mau aja gan, dapet pesanan dari sulawesi..masalahnya.. ada ongkir nya dan pemasangan di luar kota. klo nilainya banyak, mungkin sama agan juga gak masalah… :malu tapi klo sedikit nanti pasti ane yang dikira kemahalan.. bukan begitu bukan.. :toast
    proyek agan aja yang dijakarta ane yang ngerjain gimana..heheheee… kabarin aja gan nanti klo emang bisa ane yg kerjain..
    ok gan.. itu aja dulu ya boss.. kapan2 klo ke jakarta mampir yee sob..

  31. edi Says:

    Aku dah pake HPL bwt panel dinding di ruang tv.. Separo mati juga motong hpl nya biar rapi en lurus..Aku modalin lebih dari 10 biji pisau cutter yg tajam2.. Tp pas kebetulan liatin tukang lg permak interior di kantor,, koq kayaknya dia gampang banget motongnya ya ?? pake kikir kayaknya.. Tp aku gak perhatiin seksama lagi cara mereka motongnya krn lagi buru2.. Aku boleh liat2 gak k bengkel bos cara motongnya.. PM aja ge email ku alamatnya.. Trims yaa.

  32. penna Says:

    haloo gan, thanks buat asking-askingnya… :cool: #lebaymodeon# hehehee.. jadi sat pemotongan hpl itu memang agak riskan bro, khususnya saat merapikan pinggirannya. tergantung dari skill si tukang juga sih.. datang aja gan ke workshop, hari minggu pagi ane pasti ada disitu, biasa jogging sambil motong kayu hueheheee…ini alamatnya gan, Komplek AL. jalan teluk jakarta. cari aja yang ada lapangan bola dibelakangnya toko kayu lestari (seberang nestle tanjung barat kan ada gedung partai PKS, pas disamping gedung PKS). ini no ane, 0818911939>>penna. klo dibandung itu studio designnya gan.. klo butuh design dan konsultasi di bandung bisa ketemu sama beliau… 0812 – 203 – 3626 >> Pit.
    ya ud, ntar kabar2in aja ya gan..klo jadi ke workshop, thanks.

  33. emir Says:

    met siang gan, ane butuh tacon sheet lebih dari 100m nih gan. kira2 harganya per meter (standar, tekstur/motif, metal) brapa ya..? skalian HPLnya jg deh.. (jangan mahal2 ya gan.. buat dagang lagi neh.. hehehe..) thank’s banget ya.

  34. penna Says:

    malem juga boss… wahh banyak bener boss..sayangnya ane bukan pedagang, ane cuma pengguna HPL itu sendiri. ane juga beli di toko..klo ane mau jual lagi….repot urusannya gan.. :cd . jadi mohon maaf ya boss, ane gak bisa bantu, coba aja browsing2 sapa tau dapat distributor nya.. ane doain biar sukses tokonya agan dah.. :2thumbup

  35. eny Says:

    malem mas..
    wah..info nya bagus..nice blog..! :-)
    mmm..boleh gak kl mau ‘kursus’ alias belajar aplikasi / masang HPL ksitu ? Soalnya, msh amatir bgt ni..dan gagal terus.. :-(

  36. penna Says:

    hehehheee… thanks bu, cape ngeliat triplek sama lem melulu..
    siapp gan, dateng aja.. ntar, klo lagi gak ada ane, tanya2 aja sama yang diworkshop.
    emang suka ada yang dateng koq ke tempat ane..lagian kan bisa sharing juga..
    biar sama2 maju bu…siappp!! :thumbup

  37. Priest Says:

    Met siang gan… Salut.. nice blog…jadi banyak dpt ilmu neh… sori ane mo nanya… kalo untuk sambungan hpl biasanya pake cat apa sih gan ? kok kayanya bisa mengkilap n agak tebel ? gitu aje..ane doain usahanye maju karna dah banyak nolongin gratis …hehehehehe

  38. penna Says:

    met malem juga boss.. pas lagi buka kompie..maklumlah…namanya juga kuli..hehehee…
    buat sambungan atau tepian. klo sambungan biasa pake stainnless bos yang lebarnya dari mulai 5mm sampai 4cm juga ada gan, ada koq di toko2 aksesories furniture. nahh klo buat tepian atau ujungnya juga banyak macemnya gan.. dari mulai pvc, edging (tebal 1-3mm), stainnless dan lain2.. coba aja agan ke toko2 yang tadi disebut ane, pasti banyak dan kebayang ide kreatifnya…klo udah tau materialnya tinggal cari tenaga tukang kayunya yang pengalaman dan sabar (sabar udah pasti rapih boss..hehheee)..
    thanks buat mampirnya gan.. mudah2an bisa ngebantu yee gan.. :cendol

  39. vee Says:

    wah blog yg sangat bermanfaat. belakangan ini saya lagi nyari2 tempat belajar finishing kayu, terutama plywood, gimana caranya biar bisa mulus. saya tertarik bikin furnitur plywood yg finishing pake cat solid, duco, dan mau menanyakan beberapa hal:

    1. cat jenis apa/merek apa yg bagus untuk finishing pakai duco?
    2. sebelum dicat duko, sebaiknya pakai lapisan apa dulu ya? saya pernah nyoba menggunakan dempul kayu, tapi masih aga meresap. apakah harus menggubnakan epoxy juga? dan sebetulnya epoxy itu apa sih?
    3. untuk bagian pinggir plywood, sebaiknya ditutup pakai apa ya biar cat nya juga bisa keliatan rapi?
    4. untuk pengecatan menggunakan cat semprot, apakah menggunakan kompressor mini bisa menghasilkan finishing yang bagus? untuk penyemprotan, biasanya bisa berapa kali/lapis kah?

    sebelumnya saya sangat berterima kasih atas pencerahannya, dan kalo gak keberatan pengen main juga ke workshopnya juga, kalo harga disana OK, mungkin pengen nyoba mesen meja TV juga nih :D

  40. penna Says:

    heheee.. thanks boss buat pujiannya..iseng2 aja koq nulisnya..klo ada waktu aja, makanya sorry baru dijawab sekarang gan..
    ane coba jawab yee..
    1. Jenis nya buat cat duco atau melamik pakai yang jenis PU (polyurethane << bener kagak nulisnya… :bingung ) dan untuk mereknya tergantung agan, mana yang masuk ke kantong..hehheee.. setau ane sih, kata si ng'ko toko cat langganan dia ngomong gini "lu olang mau yang mulah meliah juga ada, cuma kita olang kaga jamin..ada uang ada balang…dari 25 ribuan sampe 1,3 juta/kg ane siapp stocknya…tapi klo buat lu olang sih pake yang 125 libu juga dah bagus..tinelnya jangan lupa..yg bagus juga…" :recsel
    2. Klo dempul kayu itu buat dasarnya cat jenis melamik bos.. (melamik itu yang serat2 kayu boss), klo buat duco beda lagi gan.. coba klik artikel ane yang ini. epoxi itu untuk menutup pori2 yang kasarnya gan..supaya hasilnya halus dan rata.
    3. pinggi plywood juga sama gan proses aplikasinya kaya bidang yang lain…mungkin dempul sanpolaknya agak dibanyakin dan rapih ngedempulinnya.
    4. Gan, kompresor mini nya yang tabungnya berapa liter nih?? klo tabungnya terlalu kecil nanti proses keluar anginnya bisa gak kenceng..klo gak kenceng keluar anginnya berpengaruh sama hasil semprotan cat itu sendiri… suseh deh ane ngejelasinnye, suka gak nyambung yang diketik dikeyboard sama diotak ane… :dp
    mending ente dateng sendiri aja dahh… liat sendiri prosesnya.
    mau bikin apa..gampang itu sih boss… asal jangan pesen peyem..an aje.. hehheee…
    ok gan, sama2..

  41. dean Says:

    Wah kebetulan ada blog ini. Mau nanya nih, saya baru saja buat kitchen set dan saya benar2 kecewa krn finishing HPL-nya terutama bagian sudut tidak rapih dan kelihatan hitam. Bisa gak dilakukan finishing ulang? Kalau menggunakan jasa anda berapa dan hubungi dimana? Saya lokasi di Pondok Bambu Jakarta. Thanks.

  42. penna Says:

    hallo bu.. maaf baru membalas… finishing HPL biasanya kita memakai edging dengan ketebalan 2mm. karena setelah pemasangan edging tersebut ujungnya bisa dihaluskan kembali dengan menggunakan mesin router. bila memang hitam, biasanya HPL tersebut memang material dasar tersebut hitam. Bisa dilakukan finishing atau retouching ulang dengan memberikan edging tersebut. untuk mengenai harga, saya belum bisa katakan berapa..karena sejujurnya kita belum mempunyai bayangan pekerjaan yang akan dilakukan sulit atau tidak. misal, untuk pemasangan edging biasanya seluruh pinggiran hitam tersebut harus diserut ulang sebesar ketebalan edging tersebut. biasanya 2 mm untuk penyerutan. bila memang tidak ingin menggunakan edging bisa menggunakan aplikasi cat kuas. sifatnya hanya menutupi saja dan sementara.. bila memang ingin kita survey, mungkin bisa dilakukan kontak telephone dan alamat.
    sama2 pak.. terimakasih

  43. rony Says:

    saya baru aja menempel tacon sheet pada pintu lemari saya, ukuran pintunya 30×75 cm, hanya pada saat 5 menit selesai menempel tacon sheet nya bergelombang.
    1. mengapa bisa bergelombang, padahal pada saat saya sedang menempel tidak ada gelombang?
    2. apakah bisa yg bergelombang tersebut diperbaiki?
    3. apabila tidak bisa, apakah tacon sheet yang sudah menempel tersebut bisa dilepas lagi? bagaimana caranya?

    thx

  44. penna Says:

    1. gelombang itu salah satu penyebabnya karena permukaan yang gak rata, pemberian lem yang terlalu kental dan gak merata, pengepresan dengan tangan yang kurang maksimal… dan lain2 boss..
    2. yang bergelombang bisa dibetulin dengan diangkat atau dikupas lagi yang tempelan pertama, karena biar di timpa juga percuma.. bakalan tetap sama gan..
    3. dilepas pake thinner gan.. kan lem sama thinner musush bebuyutan.. hahahaa…
    sama2 boss..

  45. andis Says:

    bisa ngasih kursus singkat/video pengerjaanya saya biasa produksi di solid ingin mengetahui yg om jelaskan ini no hp saya andis 081220215009 terima kasih banyak mudah2an ilmu yg diberikan menjadikan ibadah

  46. penna Says:

    wahh.. klo video ane belon bisa boss.. kagak ada waktu dan gak tau bikin videonya.. hehhee…
    klo mau belajar sih, mending ke workshop ane aje…biar jelas dan praktek langsung. ok boss… :beer:

  47. dadi nurhaedi Says:

    salam kenal gan…..ane udah baca……komentar dari rekan2….yg sy mw tanya……yaitu mslh sudut pertemuan HPL….tukang ane udah pake siku L untuk potong HPL-nya cuma…masih blm rapih…..sepertinya ada langkah yg belum tuntas…….sy baca td komentar agan..katanya diampelas……mw tanya itu pake ampelas apa???ukuran apa????apakah pake merk taiyo yg ukuran 240(kasar)…terus pake taiyo 1500(halus)……setelah diampelas…apakah perlu di cocol pake cat yg senada???mohon advice-nya gan……intinya supaya pertemuan HPL jd cantik..makasih sebelumnya

  48. penna Says:

    salam kenal juga gan…sorry boss baru bales, kemaren yang ane bales lewat HP kan?? heheheee… ane emang kadang2 kaya dokter bos, malah tengah malem ada yang sms.. emang workshopnye buka 24 jam.. kaya circle K :thumbup hhahahaaa.. masalah sudut pertemuah HPL emang udah mentok kaya gitu, pasti hitam keliatan. klo pake HPL hitam, memang agak samar, tapi klo pake yg terang pasti keliatan, klo buat ngalusin emang diamplas aja bos.. supaya gak terlalu tajam. pake amplas 1000 juga udah bagus koq. nahh..klo dicocol pake cat, kuda warna hpl gelap..klo HPL terang mah kagak ngaruh gan :afro: makanya kan di produksi edging yang buat HPL atau klo mau lebih murah lagi pake PVC/decosheet yang warnanya agak mirip boss.. siaappp… ntar infoin aja bos klo udah bagus baren ente.

  49. bay Says:

    salam kenal sblmnya,saya pengen nanya nih.peralatan yang biasanya wajib dimiliki di workshop furniture tuh apa aja ya?dari mulai proses awal sampai finishing.thx

  50. Leo Says:

    Bagaimana cara menghubungi bapak?

    kalau boleh dan tidak mengganggu bapak, bisa kirimkan email ke lionzz_boy@yahoo.com untuk no hp nya…

    terima kasih

  51. penna Says:

    salam juga gan… ehhhmmm lumayan banyak juga sih. klo ane sih standar aja.. pake yang manual. kaya mesin circle potong kayu, bor tangan, kompresor, spray gun buat cat, meja potong, meja lem, mesin router, mata bor, gromet dll.. printilannya banyak dah gan.. mending agan kesini aja, data ulang peralatan ane..hehehe.. kaya sensus gitu. tapi klo mesin press ane kagak punya gan, belon mampu beli.. lagian untuk pengerjaan custom kaya ane disini masih belon kerasa perlu.. yang penting pengertian dan cara tradisional dicampur sama skill…gitu sih boss..
    ok gann…

  52. arko Says:

    Bosss…ane pernah liat almari / meja yang coatingnya warna bening. kayak clear ( warna bening transparan ).Orang bilang katanya finishing acrylic.Tapi yang gak habis pikir..coatingnya tebel banget. Mungkin bisa sampai 2-4 mm.
    Sebenarnya coaingnya pakai apa ya bosss?Pastinya ga mungkin kalo pakai spraygun…mau berapa lapissss…hehehe….

  53. penna Says:

    halooo boss… sorry baru ane baless.. bingung nihh boss waktunya.. buka kompie juga jarang hehehee…
    mengenai finishing acrylic yang ane maksud itu adalah lacquer boss.. produk propan juga ada boss, tapi tahap aplikasinya lebih rumit dari pekerjaan finishing melamik biasa.
    seperti yang ente bilang.. kaya ada lapisan kaca diatas cat nya kan.. coatingnya emang tebel naget sob, tapi hasil dan harganya bisa lebih canggih dari perkiraan.. :rate
    finishing terakhir emang pake spray gun boss..tapi sebelum finishing terakhir tersebut yang ribet bin repot… :Yb
    ya ud, thanks udah k tempat ane..

  54. indra Says:

    malam gan… numpang tanya, untuk ngerapiin pertemuan sudut hpl selain pake edging bisa pake apa ya? sy pernah liat di counter sudutnya itu seperti pake lem n agak keras, kira2 itu pake apa ya gan.
    thank sebelumnya…..

  55. penna Says:

    siang juga gan..setau ane sih klo kerjaan yang mau cepet dan pake edging..baik itu edging HPL, edging PVC dan Stainnless. dan klo udah pake edging kaya yg ane sebut diatas biasanya udah cukup rapih…dan garis pertemuan antar HPL udah gak terlihat…tergantung yg masang sih..hehheee. klo bayangan ane yang agan maksud, bisa jadi itu di kasih sanpolak trus di cat lagi..di totol maksud ane. tapi biasanya cara yang ane sebut diatas digunain buat HPL yang bercorak gelap. klo coraknya terang..ane jamin pasti keliatan klo pake cara terakhir itu. yo weis, thanks juga gan udah kesini..

  56. Indra Says:

    Malam Bro Penna.. Ini blog yang sangat bagus. Banyak informasi di dalamnya. Tapi saya ada beberapa pertanyaan.

    1. Apakah HPL sama dengan Tacon?

    2. Apakah PVC sama dengn wallpaper?

    3. Saya bermaksud mengubah warna dinding keramik kamar. Kira2 dengan cara seperti apa yang paling bagus dan biayanya tidak terlalu besar ?

    4. Apabila menggunakan cara pengecatan atau wallpaper, apakah bisa mendapatkan hasil dinding tanpa kelihatan natnya ? Jadi seolah rata ?

    5. Apabila menggunakan HPL, apakah HPL dapat diaplikasikan pada dinding keramik mengingat adanya nat membuat dinding menjadi tidak rata ?

    Maaf kalau banyak bertanya.
    Terima kasih.

  57. penna Says:

    siang juga gann.. hehehee… ane coba jawab nih boss..
    1. HPL beda sama tacon boss.. klo tacon lembarannya bisa panjang. biasanya di toko 1 roll besar, kita tinggal kasih tau butuh berapa meter. dan klo HPL lembaran boss ukurannya sama kaya triplek 120X240 cm. walaupun penggunaannya sama untu finishing.. biasanya tacon banyak diaplikasiin buat top table kitchen broo..yahh mungkin bisa menghemat budget juga..tapi jangan bicara soal kualitas dibanding marmer atau granit. gitu boss..
    2. PVC sama Wallpaper ya beda boss.. klo pvc buat kayu wallpaper buat dinding…tapi ane pernah pasang wallpaperdi bidang dinding kayu.. :thumbup
    3. Mau bagus dan sedikit murah ya wallpaper, harus ada cost yang keluar gan.. hanya tinggal kita nya aja, pantas atau nggak dengan motif yang kita pilih. semakin tinggi kualitas motif dan tebalnya suatu bahan wallpaper maka semakin tinggi harganya boss..
    4. klo pengecatan di dinding mau rata ya harus di dempul dulu gan nat nya.. sama dengan wallpaper, juga kaya gitu.
    5. Klo mau menggunakan HPL pada bidang dinding..kudu dan harus dirngka dulu dengan triplek boss… gak bisa langsung plek begitu..bisa kacoo klo kaya gitu gann.. :cd
    ok boss.. gak masalah..

  58. Indra Says:

    Thx bro untuk masukkannya..
    Kalau mau dempul nat pada dinding keramik supaya rata semua itu pake bahan yang memang untuk nat atau ada dempul jenis lain?
    Terus untuk HPL ke dinding keramik, apakah dengan lem fox kuning HPL tidak bisa menempel erat ke dinding keramiknya?
    Saya berpikir dengan ketebalan HPL, walaupun pada permukaan dinding keramik yang ada natnya, HPL akan tetap rata karena nat kan hanya bagian kecil dari dinding.
    Maaf kalau membingungkan dan banyak bertanya ^^

  59. santa Says:

    wah….info mantap….kalau boleh saya bertanya …..heverin itu cara pakainya bagaimana yach ? apakah seperti lem putih biasa ? jadi bisa lebih di seret kemana 2x gitu dibanding lem aica aibon….agak susah dan pastinya jadi tidak rata …mohon pencerahannya …makasih banyak

  60. penna Says:

    thanks boss… heverin itu kaya lem kuning boss.. cuma dia lebih kuat dibanding lem lain. biasanya ane pake cuma buat edging veneer yang mau di cat aja gan.. atau veneer pvc.
    sama2 boss..

  61. Han Says:

    Wah… info yang sangat menarik gan.
    Ane lagi mau buat kitchen set. kapan2 mau belajar dulu ke workshopnya boleh? tks

  62. penna Says:

    dateng ajee gan..

  63. fitri Says:

    malam gan….
    mau nanya nih …..saya mau pake HPL….yang ingin saya tanyakan?
    apa boleh sudut HPL tersebut saya cat dengan cat cleardof PU propan….apa tidak mengelupas HPL nya gan…kan di cat PUnya ada kandungan thinernya…..
    thanks atas jawabannya….

  64. mahesa Says:

    wilujeung enjing (klo kata org bandung) … hehehe… blogs nya kuueeereeeen abiis daaah, ane tertolong banget neh…
    ceritanya ane mo belajar jadi tukang bikin kitchen set ma interior yg lain nya, kira2 bole ga neh ane berguru menggali ilmu workshop nya ama agan penna…..
    thanks banget …. sukses buat blogs n workshopnya….

  65. waluyo Says:

    Mau tanya bos, saya ada tangga dari beton dan akan dilapis dengan lapisan yang bercorak kayu.
    1. bagusnya dilapis pakai apa ya..(HPL atau lainnya) ?
    2. bagaimana teknis pelapisannya ?

    terima kasih atas sarannya

  66. uners Says:

    gaan..oke banget blognya gaaan!! Ane mo belajar juga dong.
    Jawab ya gan kalo ada waktu :

    Ane mo bikin kitchen set nih di rumah.. Kira2 untuk ukuran bidang tembok T=2 meter, P=5 meter. Yang mau ane tanyain :

    1. Kalo ane mau kitchen set nya warna putih dan terlihat glossy, berrti kan pake PU sama melamik ya gan?
    Tahapan2nya gimana gan? (kalo udh pernah dibahas, minta linknya gan)

    2. Antara cat duco fin melamic dan hpl, mana yang paling makan biaya banyak untuk ukuran dinding dapur ane? Berapa duit kira2 untuk masing2 finishing?

    Udeh gan segitu doang.. Jawab ya gan.. Makasi gan!

  67. penna Says:

    hahahaa..bisa aja sih boss.. blog asal jadi nih gan.. sekedar iseng doangg..
    1. klo mau buat warna solid kaya hitam, putih, merah sih yaa cat PU gan..bukan melamik namanya. klo melamik yang ada serat kayunya gan. untuk finishing PU in linknya boss..
    2. untuk biaya fiinshing cat baik duco ataupun melamik pasti lebih tinggi biaya nya dari finishing tempel. kaya HPL, TAconsheet, ataupn PVC. yang pasti finishing tempel itu murah gan..ok boss. tergantung merk dan jenis nya juga boss… hehehee…
    sukses gan buat dapurnya..

  68. penna Says:

    sorry boss..baru baless..
    1. klo mau keliatan mewah, pake cat boss.. jangan tempelan. cuma bedanya lebih tinggi costnya dan agak ngeganggu kerjaannya klo udah ada orang yang tinggal dirumah.
    ane saran sih pake cat melamik boss..
    2. teknik pelapisannya yang pasti kudu di lapis triplek dulu bagian dasarnya. kaya pake triplek 9 mm, abis itu baru deh tempek tykoot. klo mau dibuat pola, tykooynya aja yang dibuat pola.
    okk boss… nanti kabarin yaa klo udah jadi..

  69. penna Says:

    wilujeng juga mang…hehhee… siiippp…dateng aje boss ke workshop.. free tanya2…
    ok gannn…
    thanks buat doanya boss…

  70. penna Says:

    sorry bu baru bales, ane belon tau nih, sudut pertemuan antar HPL atau ketebalan triplek itu. klo cuma buat ujung pertemuan antar HPL mending di kuas aja. klo di cat belon tentu juga rapih. yang ada pasti lebih tebal dari HPL itu sendiri. btw, cleardoff kan transparan..jadi kagak bakalan nutup.

  71. jubek Says:

    salam kenal sebelum y gan.ane baru blajar bikin furnitur.ane motanya agar egging lurus mesti diapain y gan.soal ane pernah pasang dia tdk dia suka ngangkat terlebih yg mendekati sudut siku yg bagian tebal 18mm.karna bawaan toko dia berupa rollan.n agar hasil pemotongan hpl rapih sebaik y makai mata router merek apa agar tdk cepat gompal n rusak.thx y gan sebelum y buat pencerahan y.

  72. beny Says:

    alooo bro sip deh blognya….. dengan membaca blog ini permasalahan yng selama ini menghantui gua udah hampir beres…… tp gua ada 1 pertanyaan lagi nich
    yg di maksud mata router khusus untuk menghaluskan sudut edging itu pakai mata apa ya? kalo bisa sekalia minta pict nya dan ukurannya sekali dunk……
    thx bro sebelumnya

  73. beny Says:

    bro…. thx bgt dah bikin blog ini ……. sudah sangat membantu. oh ya bro, untuk menghaluskan sudut edging memakai mata router khusus…. itu mata yang mana ya? bisa dishare pictnya sekalian kalo bisa ma ukurannya bro. thx bgt atas informasinya

  74. penna Says:

    klo sering ngangkat lemnya kudu bagus boss.. ane sih disni klo buat edging yang roll an atau edging buat di cat minimala lem fox yang biru (prima D) atau heverin sekalian. karena klo terlalu kurangnya kualitasnya pasti ngangkat. bilang aja klo di toko mata router yang buat edging.. pasti yang punya toko tau. ntar ane upload gambarnya ya boss..
    sama2 gann

  75. penna Says:

    gan, ntar coba ane masukin gambar mata routernya yaa.. tapi jangan beli mata routernya doang… mesinnya kudu dibeli juga… :beer:

  76. beny Says:

    wkwkwkwkkwk….. iya donk….. kalo mesinnya kan pakai trimmer. atau ada mesinnya sendiri bro? ya gan, aku tunggu deh gambarnya…..thanks gan ;)

  77. eep Says:

    selamat siang, salam kenal pak… kebetulan saya mau bikin rak dapur dari lemari bekas. (olympic). saya mau lapis kembali dengn HPL supaya warnanya sesuai dengan meja dapur. apakah pelapis yg sudah ada (bawaan lemari) bisa ditempel /ditimpa lsg atau perlu dilepas terlebih dahulu.?? terima kasih….

  78. webhosting murah Says:

    you’re in point of fact a excellent webmaster. The site loading velocity is amazing. It kind of feels that you’re doing any distinctive trick. Moreover, The contents are masterpiece. you’ve done a fantastic process in this topic!

  79. penna Says:

    bisa dilapis langsung boss.. cuma permukaan yang nggak ratanya kudu dikasih dempul biar rata nanti hasilnya..gak bergelombang. misal pake sanpolak dan lain22..

  80. penna Says:

    udah ane masukin tuh gan gambarnya.. diliat aja penampakan routernya.. sorry kelamaan.. heheheee

  81. danil Says:

    met pagi om, ane mau nyoba bikin kitchen set sendiri, yang masih bingung kalo dindinnya dari batako cara gantungin kitchen setnya pake apa ya? apa pake kaitan yg kaya dibelakang jam dinding? trus kuat ga? trims ya

  82. penna Says:

    klo pake dinding batako sebenarnya sama aja yee boss.. sama kaya aplikasi kitchen biasa. disini kita gak pake pengait kaya model jam dinding tapi pake triplek yang panjang dengan model close seperti biasa. cuma kalo ente mau lebih kuat dengan dinding yang dari batako leboh baik pake dinabolt yang panjang..biar kagak rubuh klo terlalu berat. kan isi kabinet kagak bisa diatur boss.. terserah juragan yang pesen..asal jangan bat naro batu kali…heheheee…

  83. agus Says:

    Salam kenal pak, mau nanya alat utk memotong edging aluminium biasanya pakai alat apa pak? mungkin bisa beri info type dan merk yg digunakan…yg hasilnya rapi…terima kasih infonya..

  84. penna Says:

    salam kenal juga gan.. kalo buat motong edging alumunium, disini sih ane biasa pake gergaji besi biasa trus dihaluskan pake kikir.. jangan pake gerinda, karena ntar hitam. kecuali klo ngerti poles alumunium gak ada masalah gan.. kudu sabar ngerjinnya boss.. jangan buru2n ntar bisa gak ketemu motong pertemuaannya.

  85. halin Says:

    Bos mo nyambung yg no 68 diatas kalau yg bos sebut tykoot tuh belinya dimana, yg kayak apa bahannya, and fungsinya tu apa ya?
    Ditunggu jawabannya dari suhu master “penna”. Thanks he he…..

  86. penna Says:

    wakakakaa…jangan bilang master ah.. diluar banyak yang lebih jago dari ane, tapi mungkin kagak bisa ngasih tau yee.. tykoot tuh kaya triplek juga sama tebalnya 3 mm tapi udah berserat kayu jatim sungkai dll. nahh boss tinggal piliha aja mana corak yang disukanya. klo tykoot yang standar mah biasanya di toko bangunan material juga ada. tapi jangan bicara kualitas ya boss.. mungkin sampe level standar ada. tapi klo mau buat level lebih kearah kualitas mending di toko khusus yang jual keperluan meubel. kaya di abadi kleder jakarta timur dan toko2 sekitarnya.. klo ente diluar jakarta ane mah kagak tau dimana belinya.. hehehee..

  87. halin Says:

    Berarti multiplek ditempel tykoot lagi ya (pake lem khan).
    Yang jago emang banyak bos tapi yang mo sharing knowledge kayak bos penna jarang. Thank you … thank you master suhu he he……

  88. penna Says:

    iya, multyplek ditempel lagi pake tykoot. cuma klo mau buat bolak balik biasanya pake blockteak aja boss…bahan dasarnya blockboard tapi lapisan luarnya udah dikasih lapisan tykoot. biasanya ane beli blockteak kaya gini buat bikin pintu kabinet yang akan di cat melamine bolak balik. jadi ketemu tebalnya 18mm. jadi gini, klo buat pintu kabinet, beli yang blockteak 15mm + tykoot 3mm. total 18mm. ketebalan dasar material pokok yang biasa ane kerjain. klo mau kurang dari itu, bisa modifikasi aja material pokoknya. kaya pake triplek (dengan tebal 6mm, 9mm, 12mm etc) tergantung selera, baru tahap akhirnya pake tykoot (bagian luarnya) mau bolak balik atau 1 muka aja.. tergantung selera. ok gann.. gudluck..

  89. Soen Says:

    Hi…saya beberapa pertanyaan: saya ingin melapisi existing pantry saya dgn hpl/tacon krn sy kurang suka dgn warna aslinya, finishing aslinya adalah duco. 1. Apakah bisa lgsg ditempel ? Apakah pantry perlu dibongkar terlebih dahulu atau bisa lgsg dipasang ditempat ? Terima kasih banyak.

  90. penna Says:

    hi juga gan… wahh sayang banget boss klo diganti.. klien ane sih kebanyakan lebig ngerasa mewah di cat. semurah2nya lapisan cat, masih keliatan mewah daripada pake lapisan HPL (tempelan) yg mahal sekalipun ya boss.. #ini sih menurut ane.. :beer:
    1. ane belum tau mana aja yg mau ditempel, apa body2 nya + pintu juga atau nggak. klo buat pintu2 nya sih mending gak usah dibongkar bodynya.. tapi sekalipun body2nya mau diganti, seharusnya memang gak usah dibongkar. karena lapisan HPL kan bisa dilapis ditempat juga. klo mau dibongkar, top table pasti ikut dibongkar.. nambahin cost lagi yg pasti.
    klo mau diganti bodi pantrynya mendingan lapisan yang luar atau yang terlihat aja boss..coz klo bagian dalem ikutan diganti pasti dibongkar body pantrynya. klo gak dibongkar yee gak rapih…
    sekedar saran nih boss, sebelum ditempel HPL, diamplas dulu gan pake amplas no 150 bagian luar catnya.. biar kasar dan lemnya lebih rekat…. okk gan…gudluck!! :2thumbup

  91. irwantoz Says:

    mo nanya gan… krn cuma agan yg mo sharing habis2an soal interior ini…
    1. klo misal dr bahan multiplex trus langsung dilapis HPL bole gak gan? apa perlu pake tykoot ato apa tadi namanya? mungkin klo langsung kurang kuat ato gimana? mohon saran.
    2. gimana cara pasang batu marmer pada kerangka meja dari kayu gan?
    3. utk tacon, apa ada finishing khusus setelah direkatkan?
    mohon pencerahan … matur tengkiu…
    semoga makin sukses ….

  92. penna Says:

    wekekeee… tenang boss.. pasti banyak yang kaya ane mau sharing di internet.. hmm belum ketemu aja si agan sama situsnya kali.. :newyear
    ane langsung jawab yee boss..
    1. dari bahan multyplek bisa langsung ditempel pake HPL bos.. cuma di cek dulu, klo permukaannya bergelombang di amplas aja pake amplas paling kasar. soalnya, klo nempel pake HPL yang glossy, pasti keliatan bergelombangnya…laen cerita klo HPL nya finishing doff.. gelombang gak terlalu keliatan.
    klo udah pake HPL gak perlu lagi finishing tykoot.. pake tykoot kalo mau di finishing cat. intinya lem harus yang bagusan boss.. ok boss.. sama saat nempel di press lagi biar kuat.
    2. cara pasang batu marmer/granit pada top kitchen/kabinet yang mau dipasang top dengan batu alam, buat langsung aja kabinetnya.. yang penting rata. klo gak rata bisa pecah marmer atao granitnya lama2..
    3. Untuk Tacon gak ada finishing khusus lagi. kecuali kalo mau ditekuk2 pada bidang yang ditempel. biasanya ditekuk pahe heatgun boss.. cari aja di ace hardware atau ditempat jual mesin. pasti ada. karen pada intinya…tacon dan HPL adalah sama. untuk finishing. ok boss… semoga cerah yee boss.. :selamat

  93. irwantoz Says:

    makasih sudah dijawab pertanyaannya…
    emang bener, mungkin banyak di internet yg mau sharing, tapi gk ada yg sekomplit ini…. pokoknya salut deh sama agan….
    mumpung gratis, mau nanya lagi ahh….
    ~ masih soal batu granit, ane rencana kan mo bikin meja bar nih gan… nah, krn ukurannya kecil (120 cm x 60 cm) dan mgkin kerangka mejanya dari kayu (rencana: finishing HPL), bagaimana cara merekatkan granit ke meja kayu tsb? apa cuma dilem kaya batu alam, ato gimana?
    ~ kemudian utk finishing HPL dengan sudut tdk tegak lurus (agak lengkung), cara pasang HPL nya gimana? soalnya saya pernah liat aplikasi di meja komputer yg pake HPL kok lengkungnya bisa rata (bukan sambungan). Apa HPL nya yg dilengkungkan ya? klo ya, gimana caranya?

    mohon pencerahannya (again…;)
    semoga boss selalu diberi kelimpahan rejeki oleh Yg Maha Kuasa… krn ane kagak mampu balesnya langsung … :) thanks

  94. penna Says:

    yahh sama2 lah boss… ane juga banyak kekurangannya boss..
    ane jawab nih boss…
    1. klo mau pake granit atau marmer..mending ke toko yang jual granit atau marmer itu bos.. soalnya mereka sekalian pabrikasi dan poles finishing juga..biar makin bagus lapisannya. biasanya emang mereka nempel ke top ada lem nya juga boss.. cuma bukan lem kuning. lem khusus buat marmer dan granit itu sendiri boss.. tapi bukan silen yang buat kaca tuh bos.. jangan sampe salah. saran ane sih..mending minta mereka buat pasang sekalian finishing akhirnya boss..
    2. HPL nya emang dilengkungin boss.. klo lengkungnya kedalam sebetulnya tinggal ditekuk aja.. laen cerita klo lengkung tegak lurus, kudu di bentuk potongannya.. nahh ane yang susah ngejelasinnya.. tapi klo tukang kayu ente pasti ngerti koq. tanya aja boss sama dia.. klo panjanganya lebih dari 240 cm pasti ada sambungan, beda cerita klo bukan pake HPL misal tacon, PVC, supercon. pokoknya yang roll-an deh.. klo HPL kan lembaran.
    ok boss.. semoga ane bisa membantu yee.. thanks buat doanya..hehehee..

  95. eric Says:

    teman2 sekalian, mau tanya
    1.Untuk mesin press HPL sendiri, apakah ada dari rekan2 yang menjualnya? and the price
    2.Untuk HPL yg saya pakai ( biasanya pesan ) tidak tahan pada air, apakah ada formula lebih baik? (lem or something)
    mungkin dapat hubungi saya di email black_schwarz10@yahoo.com
    terima kasih

  96. tony Says:

    Gan … saya orang daerah ( pangkal pinang – Bangka-Belitung ) baru rencana mau usaha ini. Hohon saran untuk pembelian material…. yang agan sudah tau ( Toko langganan ). Tks…

  97. handi Says:

    penna,saya mau tanya dong, saya baru belajar terima oder interior nih. biasa ngerjain finishing melamik, pengen nyoba hpl.
    1.kira2 harga modalnya per meter nya berapa yah?.
    2.biasa bahan rangka yg digunakan plywood berapa mm?
    3.pasaran ongkos tukang kayu + finishingnya berapa ?
    thnks atas pencerahannya

  98. penna Says:

    hallo boss.. sorry baru jawab sekarang..
    1. harga modal hpl tergantung jenis dan corak hpl yang bakal dipake. semakin timbul urat2nya biasanya semakin mahal boss.. ane sih biasa 2 jutaan boss.. jual nya.
    kalo modalnya mending maen ke workshop aja boss.. ntar ane jelasin..hehehee..
    2. biasa bahan rangka, ane biasa pake gak kuurang dari 18mm
    3. ongkos tukang kayu (bukan Finishing) ane biasa 350-400 ribu/meter. semakin susah bentuknya semakin mahal juga boss.
    dan untuk tukang finishingnya ane biasa bayar 200-250 ribu/meter. klo pake duco plus poles bisa 400 ribuan/meter.
    untuk harga bahan materialnya terhantung pemakaian boss..

    ane sih cuma ingetin, semakin murah bayar..semakin dikurangin kualitasnya. yahh itu sih intinya.. makanya jangan jual terlalu murah boss.. ntar hasilnya jadi keliatan murahan. yee gak boss..
    sukses buat usahanya ya boss..

  99. penna Says:

    hallo gan.. jauh amat tinggal si boss.. biasa beli didaerah pinangsia kota, jakarta barat. ada abadi pinangsia dan sinar selatan. agan bisa cek lokasi aja ke tokonya.

  100. penna Says:

    1. temen2 jawad donk.. :newyear
    2. setau ane sih bukan HPL nya yang rusak sama air boss.. tapi ente pake lem nya kualitasnya kurang deh boss.. coba pake lem fox biru sicapur herverin deh boss..

  101. Oon Says:

    Mas mantap euy blognya. lama nih nyarinya akhirnya ketemu juga.

    nanya2 dong Mas:
    - Kalo pakai Block melaminto double side, yang buat luarnya kalau mau di cat PU, apa urutannya tetep sama (di epoxy dulu)?
    - Bagusan mana sih multiplek ama blockboard?
    - campuran Hardener ama PU perbandingan berapa ya yg bagus?
    - Upluodin gambar motong HPL pake penggaris siku-nya dong mas, hehehe? kayaknya keren tuh
    - proses amplas (kalau liat foto) gak pake mesin (sander) ya mas? kira2 ada plus minusnya engga sih?

    and moga makin sukses deh mas, blog dan proyeknya. soalnya si Mas amalnya dah banyak.. :D. Bener mas, yg jago mungkin banyak tapi yg murah hati mau sharing sedikit.

    trims berat sebelumnya.

  102. halin Says:

    Met tahun Baru ” Master Suhu Penna” and rekan2 semua mudah2an websitenya tambah ramai, usahanya Si Master tambah maju “Wish you All The Best for 2012″ :cendol :thumbup :selamat

  103. sofyan Says:

    salut dah ama si agan kagak pelit ilmu…
    mau minta pencerahan nh gan…ane abis beli rak dgn finishing takon corak kayu, model raknya ane suka, tp warna nya pengen di ganti warna putih, kira2x pake cat kayu sebenarnya bisa gak gan?
    ane dah coba aplikasikan di sedikit area rak (sekedar uji coba), setelah kering cat kayunya gampang terkelupas..atau ada solusi lain yg terbaik…mohon pencerahannya ya gan…. thx & sukses selalu ya gan…

  104. muchsin Says:

    mau nanya nich…..
    kalo mau ngelem pake haverin pakai alat apa ya,..? n beli alatnya dimana….? terima kasih.

  105. penna Says:

    thank u boss buat doanya.. ane doain juga si agan biar tambah makmur aminn…. :toast
    nb: sekali lagi ane bukan master bosss..ane cuma sharing aja..heheheheeee…

  106. penna Says:

    sama2 gann.. ane lebih salut ente mau dateng ke blog alakadar kaya gini :cystg
    coba ane jawab yaa boss.. ini menurut ane boss.. mungkin orag ada yang lebih baik kali..hehehee..
    1. finishing asal mulanya (tacon) itu dikupas dulu semuanya. kalo mau ditambal pake melaminto bisa aja sih, tapi ukuran pintu/laci pasti berubah..
    2. habis dikupas trus di cat. tahap pengecatannya ente bisa liat di artikel ane mengenai cat duco…
    nb : gan, klo ente mau langsung cat kudu di amplas dulu. pake no amplas 2400 / yang paling kasar. trus pake epoxy deh buat dasarnya. daripada di cat, klo mau simple dan murah mah, mending dilapis ulang pake HPL atau PVC pada body2 luarnya.
    gimana boss..ntar kabarin ane yee kalo udah jadi.
    :iloveindonesia

  107. penna Says:

    cara pemakaian lem heverin sama kaya pemakaian lem yang laen boss.. tanya aja sama tukang kayunya boss.. dia juga pasti tau koq. nama alatnya biasa dibilang “kape”. ditoko material juga ada koq boss..
    sama2 gan

  108. lukman Says:

    maaf pak sy lagi buat pintu kamar yg finisingnya pake tacon tp sy bingung lem apa yang bagus untuk dipake, kerena saya pake fox ko setelah ditempel menggelembung,, tolong dong pak dikasitau jenis lem yang bagus

  109. RainDo Says:

    Salam Kenal gan blog nya cukup bagus yach…. n bloger nya gak pelit lagi.. :thumbup
    gini gan saya bekerja dalam bidang pengeleman tacon n Hpl…. tapi saya punya masalah dengan pembersihan lem yang tersisa dipinggiran karena amat susah n lama. Biasa nya kami pake minyak tanah……
    Ada gak ya cara laen supaya lebih cepat ilangin nya??
    Tolong saran nya ya….
    :matabelo

  110. Hanny Says:

    Wah.. sampe terpana ane lihat blog agan penna, bener-2 sesuai yg ane butuhkan skrg ini. Semoga, tetep semangat sharing ilmu-nya.

    Gan, mohon gambar lem Haverin ama Fox Biru-nya, ane cari-2 di google gak nemu. Harga berapa ya ? per kilo kah ?

    Thx Berat

  111. penna Says:

    wahh boss.. masa sih.. blog begini aja juga.. hehehe.. ganti template aja ane kagak tau.. :dp yahh… mudah2an yee boss.. makanya lama bales, maklum boss.. kejar tayang hehehe..
    untuk lem heverin sama lem fox biru ane upload deh gambarnya yee.. untuk lem hevrin harganya sekitar 250 rb – 275 ribu/galon (=/- 4,5 liter). tergantung agan, kenal apa kagak sama yg punya tokonya..hehehee..klo lem fox yang biru>> ane bilangnya Fox Prima D. harganya sekitar 115 – 125 ribu/galon.
    ok boss.. sama2

  112. penna Says:

    hallo boss.. sama dong..hehehe..ane juga kadang mabok kalo kelamaan nyium lem… :cd
    jadi gini boss.. klo ane sih biasa nih (bukan mau jadi guru nih boss…cuma yang biasa ane lakuin) setelah proses pengeleman dan penempelan, ane langsung kasih afduner (kaya cairan pembersih yang agan biasa pake) jadi jangan sampe barang udah jadi trus lebih dari 1 jam baru dibersihin.. susah boss, lemnya udah pada keras. yee kan.. klo pake thinner ntar warnya pasti jadi agak pudar… yah itu sih, bisa2 nya agan kasih tau ke tukangnya agan nih.. mereka tuh kudu diingetin terus boss.. kadang2 mulu ane aje sampe berbusa..hehehe..

  113. penna Says:

    # 108 lukman>> ya boss.. saya maafin, ade ape yee boss??? (belaga kagak tau) :hammer wakakaa.. becanda boss.. hehehe..
    buat bro lukman, kayanya masalah yang timbul dikarenakan anda membeli lem palsu..>>bacanya pake gaya sok serius yee boss.. heheheee…becanda lagi boss..sekarang serius boss.. seriuss nihh.. :Peace:
    permasalahan emang buka di lem nya boss..kalo menurut bayangan ane menggelembung ada 2 nih boss.
    1. menggelembung karena >> permukaan pintu yang mau ditempel banyak kotorannya serbuk kayu, jadi setelah diamplas kasar, jangan lupa dibersihin…baru di lem supaya kotoranya gak ikut nempel jadi satu sama lem>> karena klo pake taconsheet (ketebalan sama seperti HPL, buat menggelembung dikarenakan lem itu mustahal boss..a.k.a mustahil.. :afro:
    2. menggelembung karena >> cara kita menyapu/mengoleskan lem dengan kape seng/kape plastik dll itu gak sesuai dengan hasil yang rata. misalnya >> terdapat grenjel2 lem yang udah kering/keburu kering trus kita paksa untuk dikuas dengan lem kembali..ahhh itu berabe dahh boss.. susehh bener benerinnya..sumpehh..!!!
    tapi tenang boss.. ada tips nya nih.. jaangan kasih tau sapah2…”mohon dibaca pelan2 sambil bisik2 dikit..” ddsaj%%%nnj akjjabcbjjdj jxbcbvslslsnnvdk ndb artinya >> ente kudu kasih thinner, biar tuh lem yang sedikit mengeras, sedikit mencair..nah pas dia agak lunak ente sapuin pake kuas yang rata..dengan dicapur lem lagi, mending kalo lagi belajar sih pake lem 168 aja boss.. lebih encer..nahhh yang grenjel2 dicabut2in/dibuang. okee boss.. manteebb!!!
    sekedar saran nih boss… untuk bidang setebal taconsheet/HPL.. pake lem jenis apapun sih bisa gak ada masalah yee gan.. kecuali untuk ditempel dengan pvc, supercon (pokoknya yang tipis2 dah) lem sangat menentukan dan cara pekerjaan sangan memegang peranan yang cukup penting.. klo ente ragu, mending panggil tukang kayu boss.. ntar rugi di bahan dan rugi di waktu. bukan begitu bukan boss..
    semoga sukses boss.. :2thumbup

  114. eep Says:

    Bro Blogpenna……. ini posting komen sy yang kedua…. sekedar sharing aja sebagai pemula saat ini saya sedang membuat rak buku uk 200cm x 180 cm tebal 23 cm dari bahan multipleks 15mm dg finishing tacconsheet. dlm proses finishing saya ikuti instruksi2 dari blogpenna ini dan saat dikerjakan ternyata tidak sesulit apa dibayangkan. tadinya mau pake lem fox biru tp ditoko tmpt sy beli lagi kosong mereka menawarkan lem merk aica aibon harganya 41rb/700gram dan hasil lumayan…. bagian atas dan bawah pake kape… cuman agak berabe pas bagian pinggirannya. dioles pake tangan… kira-kira ada saran supaya tidak berabe?… terima kasih

  115. Hanny Says:

    Gan Penna, mw tanya lg nih… ane pernah lihat di depot, meja-nya kotak dan di edging sudut-nya lengkung kecil dan kokoh, ane coba-2 curi-2 congkel gt spt copot ternyata gak bisa.

    Apa pake lem saja cukup Gan atau ada teknik khusus ? mengingat edging khan tebel banget.

  116. mimiarka Says:

    agannn… mau tanya dong… saya kan mau buat kitchen set tapi bikin sendiri niy… berhubung dana terbatan banget… kira kira bahan bahan yg murah dengan kualitas yg gak jelek jelek amat pake bahan n lapisannya pake apa yaa…. mohonnnn banget sarannya ya gannn….

  117. penna Says:

    # 115 >> wahhh…ente tu yee.. kerjaan orang di congkel2 :hoax2 ..kacoo nih si bu boss..wakakaaa..
    untuk edging memakai lem fox prima D juga udah bagus koq, trus di press sambil pake heat gun udah kuat. apalagi pake lem heverin. tebal atau gak tebal asal lem nya pake yang bagus.. ane berani taroan pasti susah kelupasnya. tapi teknik tukang buat ngepress juga cukup mendukung yee boss..
    ane tunggu kabar dari hasil congkelan yang laen..hehehee..

  118. penna Says:

    # 116 >> wahh.. si boss, mau buat kitchen sendiri?? manteebb!!! salut dah sama aganwati :2thumbup
    kalo material pokok pake mdf aja gan, murah..trus lapisannya pake PVC. asal tehnik penempelannya kudu harus paham. soalnya bahan pvc itu tipis, jadi saat proses pengeleman itu gak rapih..pasti pada melendung/ngangkat boss.. soal rasa bisa ke kejar.. ehh soal harga maksudnya.. :hammer
    trus ane saran sih, untuk top bawah mending pake kaki stainnless 10 cm. jadi gak kena air dan lembab. okehh boss.. gudluck.

  119. penna Says:

    # 114 >> gan eep…wuidiihhh…mantebb dah!! salut gan… ane aje bacanya seneng… :2thumbup
    laen kali klo buat HPL atau tacon mah pake lem fox 168 juga gak ada masalah gan..karena permukaanya tebal atau klo bahannya mdf juga kuat koq. kan mdf dari kertas, lagian buka kabinet kitchen yang kena panas dan lembab.iyee gak boss..
    nahh klo buat pinggirannya, ane ada tekhnik sedikit lumayan nih..
    1. masukin lem kedalam botol aqua.
    2. tutup pake kain (dipakein karet biar ngiket kain itu>> kaya agan mau nyaring air aja)
    3. pencet pelan2 tuh botolnya, biar lemnya keluar dikit2 sambil di arahin ke bidang pinggiran yang mau ditempel. trus sambil dijalanin dan ditempelin..(ane bingung ngetiknya, gak bisa sama apa yang di otak..sorry boss..ente ngertikan??? :mewek2
    4. klo kedua bidang udah di lem dan di tempel langsung dibersihin pake afthuner (di material ada jual >> klo kata tukang mah aftuner..ehehheee)
    nb # jangan pake lidah ya gan..ntar ente kagak bisa makan :ngakak

    yo weis, di coba aja boss.. klo ente deket mah, kesini aja dahh..ane praktekin

  120. mimiarka Says:

    waduhhh,, maksudnya bukan bikin pake tangan sendiri agannn.. tapi mau minta tolong tukang hehe he.. kalo pesen di tempat khusus gak cukup budgetnya neh… :’( btw kalo pake tacon gimana gan.. lebih gampang gak proses pelapisannya?, kalo susah kan kasian tukangnya tuh hehe he

  121. ferry Says:

    hi penna, mau tanya dunk yang dimaksut lacquer tuh apa ya? cat yang berbahan lacquer itu contohnya merk apa yang biasa diapke? terus dicambur serat fiber itu maksutnya dicampur resin? perbandingannya berapa ya? maap banyak tanya masi pemula :D dan penasaran hehehe..

  122. penna Says:

    # 120 >> ohh kirainn mau bikin sendiri wkakaaa…sorry gan, kirain..hehheee.. klo pake tacon mah sama aja kaya HPL..tapi bedanya lebih fleksible. gak gampang patah seperti HPL..berarti yaa lebih gampang boss.. coba aja yee boss… :2thumbup

  123. penna Says:

    # 121 >> lacquer emang lebih keras daripada lapisan biasa boss.. dicampur serat fiber boss. cuma prosesnya lebih lama. dan agak susah buat pengerjaan yang belum pernah dilakuin. perbandingannya bisa Thinner + cat : resin = 1 : 1 atau 1 : 0,5… dicoba aja boss tapi sama tukang cat nya juga. okkk.. ditunggu kabarnya boss.. :rate

  124. ferry Says:

    to penna>> bentar2 gan itu thinner + cat (ini cat apaan?) :resin (apa resinnya perlu dicampurin katalis juga?) bingung mau cobanya, kemaren nyobain resin saya campur pake hardeer impra hasilnya gak bisa kering :(

  125. penna Says:

    # 124 >> sorry gan salah pengertian.. hehehee.. maksudnya klo udah thinner + cat >> dilanjutkan ke resin (resin dengan katalis emang dicampur. kan ente beli resin ada obatnya kan. (namanya katalis kan kalo kagak salah) nahh bahan itu di tebar di bidang yang akan di lacquer. serat fiber di campur resin. (optional kalo mau keliatan berserat, jadi bisa pake bisa nggak) seharusnya 1 jam juga udah kering boss klo pake resin. klo nggak kering berarti obat nya kurang. beli resin yang 2 komponen yee boss..

  126. ferry Says:

    ohh berarti setelah cat, katalis ditebarin ke yang akan di lacquer abis gt disemprotin resin? nah sekarang yang jadi pertanyaaan lagi gan, kan resin itu kan pekat banget, apa bisa dicampur pake thinner gan? terus nebarin katalisnya itu pake apa gan? disemprot juga? hihihi maap kurang paham hal ginian masi baru buat aye :D

  127. erik juntak Says:

    119 lucu ya.
    penna mantan anggota srimulat juga neh. hehehe..
    jwbwn penna ramah,,,jelas,,,kocak dan lucu..

    sukses buan penna

  128. Hanny Says:

    #113.2 Gan Penna, ane sdh praktekkan pake tinner A sama B hasil-nya memang jadi “lembek” (lem-nya yg lembek), terutama tinner A. Iseng ane coba pake Bensin juga isa lembek.
    Tapi akibat-nya gak isa lengket seputar yg di kuas jadi terkelupas dan gak lengket.. gimana nih gan apa yg salah ? apa memang dibiarin gak lengket gt ato perlu di beri lem lagi ?

    Gan, sekalian tanya lem Tacon Glue bagus gak ? trus ane lihat ada yg jual Rajawali Prima kertas tempelan warna biru jg, cuma yg jual bingung waktu ane sebutkan Prima D gak ngerti. Yg Rajawali kayak-nya Prima J. Beda ya ?

  129. David Says:

    Toko MITRA HPL bisa mensupply

    1. TACO HPL (High Pressure Laminate)
    2. ARTFORM HPL
    3. TACO SHEET (PVC Decoration sheet)
    4. TACO EDGING (PVC edging)
    5. TACO Glue

    untuk interior/furniture finishing.

    TEL (021) 3290 7788 atau 0815 7416 9655
    FAX (021) 3377 1175
    add kami di mitrahpl@yahoo.co.id (FB/YM/Email)
    Melayani Grosir (Proyek Besar/Kontrak Supply) maupun Eceran. JABODETABEK maupun LUAR KOTA juga WELCOME !

    Memberikan SERVICE pengiriman Jabodetabek maupun ke expedisi yang ditunjuk.
    Harga KOMPETITIF dan BARANG READY STOCK!

    Reseller juga WELCOME!

    Showroom :

    Ruko Poris Garden
    Blok A2 No 3B
    Cipondoh Indah – Tangerang – 15148

  130. hendrik Says:

    alo bos ,,,, ane mau isi perabotan di apartment , masi bingung mau pake hpl ato decosit,, minta lontong kasi saran ya ….thx

  131. nikolson Says:

    agan yg baik banyak bgt setelah baca artikel ini sya langsung ajahhh bsa jelasin kecoustomer2 saya..sya soalnya baru ajhh saya dikasih kerjaan sbagai sales Decosheet! agan2 skalian klo minat bisa ajah lgs kelapak ane yahh…mass bro numpang lapak yaahh!!http://www.gtdeco.co.kr/eng/index.html
    Asli langsung dari Korea Selatan…!!
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12775267.. mampir2 yh thks a lot.

  132. andis Says:

    workshoop yg di bandung di mana bos?

  133. dody-batam Says:

    wah…untung ada blog buat nanya-nanya nih…..
    To Penna >> boss saya bikin rak dari besi, trus bagian depan ditutup pake triplex 6mm. Idenya sih mau dikasih wallpaper biar agak bagus.
    Tapi si boss terlanjur beli “solid vinyl wallcoverings” (2 roll @10mtr), dan sekarang bingung cara pasangnya. Sebaiknya pake lem apa yg cocok buat pasang vinyl ini ? Apa bisa pake lem Fox putih atau pakai Aica Aibon kuning ? Terima kasih sebelumnya.

  134. hendri Says:

    sori bos tanya, klo mau nyambung 2 acrilik biar tidak kelihatan sambungan klo di sinari gimana ya.. tolong karena selama ini klo kita nyambung acrilik kemudiaan atasnya sudah dikasih stinker, klo disinari tetap kelihatan sambungannya.

  135. hendri Says:

    klo bisa mohon jawaban di email saja

  136. Herlina Says:

    Halo Gan Penna,
    Ceritanya saya lagi mau isi rumah baru. Mau beli semua furnitur baru, koceknya tipis. Ada beberapa furnitur tua dari orang tua saya. Tapi agak kurang sreg karena warnanya beda2. Kalau dimasukkan ke rumah kan jadi kurang cantik. Tetapi dari segi bahan lebih baik dari furnitur sekarang (perabot dulu kan masih pakai solid wood). Saya berniat memesan beberapa perabot baru plus ambil pemberian ortu.
    1. Apakah ada tips supaya para perabot tua ini nampak baru dan warnanya seragam/senada dengan perabot baru yang saya pesan? Apakah dilapis HPL atau dicat atau diapakan? mohon wejangannya ;D
    2. Kalau “merenovasi” furnitur tua apakah biayanya lebih murah daripada pesan yang baru? Atau malah jadi lebih mahal?
    Terima kasih :)

  137. prasetya Says:

    MAs, saya mau tanya ?bagaimana cara menghitung pekerjaan interior??contohnya untuk meja ukuran 70×140 cm menggunakan multi lapis hpl. harga per m’ nya berapa?
    dan harga satuan itu apakh bisa digunakan untuk item yang lain juga??terima kasih.

  138. Ardi Says:

    bos, lem nya mahal2 ko ya?ane punya lem PVC harga USD 1.80 / Kg kemasan 20 Kg atau 200 Kg (drum), lem Hpl / tacosheet harga USD 1.50 / Kg kemasan 20 Kg atau 200 Kg (drum), lem Edging harga kisaran USD 3.50 – 6.50 / Kg kemasan 25 Kg. Lem Kualitas dan kekentalan sudah oke, lem import dari Germany. Klo mau coba bsa contact ke ane : Ardi (021-91008773).

  139. Tips « KUSEN SUMBER MAKMUR Says:

    [...] Tips menempel Veneer, HPL, Tacon, PVC [...]

  140. rustanto Says:

    asslm sblmnya mau nanya bag bagaimana cara pemasangan hpl untuk pertemuan sudut tanpa edging tpi hasilnya bagus? krna di tkang di worksop pemotongan udah pake siku L dan udah di amplas jga tpi hasilnya belum baguss kliatan item bang mksh atas infonya dan minta almt workshopnya bang thank….

  141. bask? beton Says:

    We are a bunch of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your site provided us with useful information to work on. You’ve done a formidable job and our entire community will likely be thankful to you.

  142. mody Says:

    gan…mau nanya ada nggak lem kuning yang pengunaannya bisa di spray (disemprotkan pake kompresor) kalu ada apa mereknya dan bisa di beli dimana…..makasih

  143. mody Says:

    gan mau nanya lagi…kalau lem kuning yang agak kental mau di encerkan tapi tidak mengurangi daya rekatnya pake apa yah?………..makasih

  144. Didi Says:

    Agan yang baik hati, mau tanya nih:
    Ane punya meja belajar yang difinishing cat, ane pengen ganti pake finishing lapisan tacco. Kira kira ane mesti nglakuin apa dulu ya? Apa mesti dikerok dulu, diamplas dulu? Atau bisa langsung ditimpa pake lem n lapisan tacco? Mohon pencerahannya gan… Makasih…

  145. iono sandjojo Says:

    ane merasa beruntung banget ketemu blogpenna ini. ane kebetulan hobby bikin perabotan rumah sendiri. nah pas bingung cari info, agan penna ini bisa memberi pencerahan yang pas. udah begitu ternyata jawaban penna bukan cuma applicable, tapi juga kocak banget cara menyampaikannya. jujur, akhirnya ane baca semua thread-nya untuk menemukan gaya nulisnya yang bikin ane ngakak.

    gan….maaf ane ga nanya apa2 nih. ane lagi bikin meja, rak dan perabotan lain untuk kamar anak ane yang baru masuk sma. banyak pertanyaan dan jawaban penna yang sudah cukup bagi ane untuk nyontek disini. jadi sekali lagi sorry ya, ga nanya tapi komen.

    salam kenal

  146. penna Says:

    All : sorry…password lupa, kompie kena si trojan jablay kagak bisa masuk ke admin hehhee :tkp
    # 126 desemprot aja boss.. klo nggak ditebar biar merata.
    # buat all yang nanya masalah cat, liat artikel ane aja yaa..
    # 130 kalo mau murah dan tukan kayunya oke di combine aja, dalam pvc luar HPL
    # 129 + 131 semoga sukses brader, laris manis hehheee..
    # 132 workshop masih dijakarta boss.. yg dibandung associate aja.
    # 133 buat pasang vynil mah pake lem fox kuning aja boss.
    # 134 kayanya sambungan pasti keliatan bro, kecuali klo ente mau buat disamarkan..yang penting ada semacam background belakang gitu…gak kelaiatan gak mungkin gan.. :afro:
    # 136 no. 1klo perabotan dulu (banyak tropilannya kudu di cat boss.. klo ditempel ngilangin sifat kayu alaminya.. sayang banget tuh.. di cat melamine lebih ke arah gelap sedikit dari aslinya.
    no. 2 klo furniture tua, lebih kearah estetikanya. klo soal budget tergantung dari kualitas finishing. tapi hasilnya sebanding koq..malah bisa lebih dari aslinya.
    # 137 itu paket aja bro, gak bisa ente samaain dengan meteran yang lain. pekerjaan dinilai dari faktor kesusahan pembuatan, material barang, finishing, tenaga kerja dan untung buat ente juga sebagai penjual..masa mau amal wakakaaa…
    # 138 minta dong brosurnya :thanks2
    # 144 di timpa aja bro..ngapain lagi di copot, coz HPL kan tebal. gak kaya PVC. Tiban PVC juga bisa. pernah ane kerjain. bagus2 aja koq. cuma bekas yang ane tiban, HPL yang nggak ada seratnya.
    # 145 sikkaattt gaannn… :ngacir2 orang2 kaya ente yang nambah semangat ane…thanks brader!! :toast
    # 140 di kuas aja mas pake cat yg sama warnanya. di tb simatupang bro..
    # 143 ada bro..lem fox kuning. di abadi. daerah klender. di pinangsia juga ada. pake pengencer khusus lem, namanya lupa mass bro.. bilang aja di tokonya, obat pengencer lem.
    # 145 nahh orang2 kaya ente ini yang meringankan pekerjaan ane :cendolbig hehehee.. thank u masbro buat jjsnya

  147. addy Says:

    halo, mas penna! saya awam banget nih soal interior dan segala tetek bengeknya. sekarang ini, saya lagi mau dandanin rusun saya (tipe studio). nah, saya lagi bingung untuk furniture-nya, mas. dari sekian banyak survey yg saya lakukan, mayoritas kontraktor menyarankan utk finishing-nya lebih baik menggunakan tempelan (HPL) daripada cat (duco), karena kalo menggunakan cat nanti lama2 catnya bisa retak. sementara ada teman yang mengatakan bahwa sebaiknya menggunakan cat (duco), karena kalau tempelan (HPL) itu gampang mengelupas nantinya. di samping itu, dari sisi harga jg lebih mahal dgn menggunakan cat. dgn demikian bisa disimpulkan bahwa lebih baik menggunakan cat (kan harga tdk bohong katanya).
    saya jadi bingung nih. menurut mas penna gimana? mohon petunjuknya.
    terima kasih banyak sebelumnya.

  148. penna Says:

    ok bro..sekarang gini, klo tukang ente biasa pake cat, pasti dia tau campurannya dan resikonya. emang resikonya cat adalah retak dan menguning. klo soal gini ente baca aja artikel ane yang update buat ngecat duco. mudah2an kagak sampe retak2 apalagi menguning. HPL emang bagus, tapi tergantung selera dan cost. klo mau murah dan simple pake HPL..untuk masalah pecah, beli yang bagus bro, trus cara penempelannya juga kudu bagus juga. misal, penggunaan lem dan saat penempelannya. semua pasti ada solusinya bro, jangan terlalu dengerin kata orang, atur aja menurut selera tanpa harus melupakan budget ente sendiri :2thumbup

  149. Fairhan Says:

    Hi..Mas Bro Penna, Ane mohon petunjuknya, ane lagi coba2 iseng buat sendiri furnitur rumah, maonya model knock-down, klo untuk accessories furniture knock-down belinya dimana ya yg grosiran / partai ?? (lokasi ane jakarta ). Mohon pencerahan dunk utk teknik pembuatan furniture knock-down, sekaligus tips&trik-nya.

  150. penna Says:

    mangssttaabbb… gitu dong boss…sekali2 jangan males wakakakaa…#belagasokkenal# untuk knockdown biasanya pake trapes, ada juga sih yang model pake kayu (kaya klo kita beli furniture olymp#c dan lain2) tapi biasanya klo mau gampang, trapes juga cukup. ane jalasin disini, ntar susah ngertinya broo..wekekee..maksudnya jelasinnya susah. nanti ada waktu yee.. ane coba buat bahas. bisa beli di toko bangunan terdekat bro. jangan jauh2, ente kan dekat sama material #sok tau# wakakaa… sipp gudluck brader!!

  151. Zanny Says:

    salam kenal,

    kita lagi belajar aplikasi veneer jati, cara aplikasi mengikuti saran rekan2 saya, dengan menggunakan lem fox kuning. saya juga dikasi tau tips untuk mengaplikasikan lem fox putih ke belakang veneer yang dibiarkan kering sebelum veneer di aplikasikan ke triplek menggunakan lem fox kuning. seharusnya, cara ini untuk menghindari gelembung saat finishing, karena lem putih akan menghadang thinner untuk turun ke lapisan lem kuning. Tapi kenyataannya, hasil akhir masih ada gelembung, walau dalam finishing sudah diaplikasikan woodfiller dan sanding sealer. Ada ide lain untuk menghindari gelembung ini? dan yang sudah terlanjur ada gelembung, ada ide bagaimana memperbaikinya?

    Terima kasih,

  152. manirazy Says:

    gan penna, ane rencana mo buat pintu neh, dari multiplek aja tapi ane lapis HPL, tebelnya HPL tuh brp milimeter sih?

    nah kalo nempel HPL kan kata agan kudu dipress…nah ngepressnya itu pake alat khusus apa asal dipress aja pake tangan gt???

  153. manirazy Says:

    agan penna, mo minta saran nih, ane sertain gbr ye gan biar jelas…

    ini link gambarnya
    http://imageshack.us/photo/my-images/535/lawang.jpg/

    nah tuh rencana model pintu yg mo ane lapis hpl gan (HPLnya coklat tua doff motif kayu), nah yg garis lis putih itu, ane yg bingung gan dikasi apa ya…itu lebar lis cuma 1cm, dipikiran ane mo pake hpl juga, jadi HPL dipotongin memanjang 1cm, tapi takutnya hasilnya potongan jelek n ga lurus T_T

    trus kluar rencana ke 2 mo pake stainlestell/aluminium aja, tapi mana ada juga stainlestell/aluminium yg setipis HPL (biar rata)

    nah gan, ane minta saran dunk, lis putih tsb biar gampang ngerjainnya dikasi apa ye….mkasi gan :)

  154. addy Says:

    terima kasih atas responnya, mas penna.

  155. arn Says:

    mas bro, saya mau tanya…..
    gmana ya cara nempel hpl laminated MDF 3MM yang udah terlanjur melengkung ????
    nempelnya pake lem fox 168 waktu udah di tempel awal2nya masih nempel, tapi begitu 24 jam bagian tepi bidangnya pada melengkung, buat ngakali udah pake lem alteko juga,
    tpi g maksimal hasilnya, wktunya juga lebih lama…..
    ada g sih cara nglurusin hpl laminatednya ?????yang ngerjain udah mau nangis……

    thx mas bro….

  156. masherry Says:

    ruuaarrr biasa.. tambah elmu.. seneng banget baca yg ginian.. makasih agan penna… jadi semangat bikin meja ndirii..

  157. penna Says:

    # 151 >> bro, klo pake veneer jati yang tipis itu kan, ane sih biasanya cuma buat edging aja. klo lebih dari 4-5 cm keatas bidangnya mending pake tykoot. kebanyakan gitu boss..ngangkat dan ngegelembung. kecuali kalo di press mesin. jadi mending klo ane saran sih, tiban aja pake tykoot. baru edgingnya yang khusus pake veneer trus di cat ulang.
    # 152 >> tebalnya HPL ada yang 1 – 3 mm. tergantung harga gan. kebanyak sih standarnya 1,5-2mm. press pake tangan aja boss. asal naburin lemnya kudu rata. klo gak rata pas udah jadi keliatan “polisi tidurnya” mahh kagak bagus bro :maho
    # 153 >> bro, biasanya klo mau di gituin tuh, papan pintunya yang di router ke dalam (dibuat celung/tali air) untuk meletakan list alumunium atau stainnless itu. jadi modelnya ditanam gitu list nya bossss.. jangan disiram, ntar numbuh keluar daon :mewek gak boss, beneran serius, tukangnya pasti ngerti koq.
    # 154 >> sama2 dy, ayo maen bola lagi.. :2thumbup
    # 155 >> coba pake lem heverin atau fox prima D yang warna biru. trus lebih dari 2 x penguasan. abis itu di press/ditumpuk aja pake papan triplek. mudah2an bisa boss..
    # 156 >> :toast cendol gan.. klo udah jadi, jual di mari aja..hahahaaa.. sapah tauuu.. :D

  158. manirazy Says:

    nerusin jwaban dari #153 ye bro….

    itu buat celung/tali airnya pake alat apaan ye bro, scara ane belajar buat sendiri bro,bukan dibuatin ke tukang….jadi ga ngerti cara buat celung aernya itu…hehehe

    trus kalo buat lem yg bagus pake apa ye gan, ane pake Taco HPL gan jadinya….

  159. penna Says:

    # 158 >> biasanya pake mesin router gan lebih rapi jali, tapi klo mau manual dan murah bisa pake pahat yg lebar 1 cm atau tykootnya bisa di potong2 dan dikasih jarak. gitu deh broo…susahnya jelasinnnya disini :lapar dateng aje deh kesini..banyak koq yang sering kesini. ok mass brooo :cendol

  160. agus Says:

    gan met kenal…..
    gan sya d bandung ni baru mau terjun d bisis mubel…….knockdown..
    alat2 yg harus d beli pa z?
    mksh bosssss
    dantos

  161. agus Says:

    nyambung boss…
    bahan bahan dasar yg harus di siapin pa z…
    hatur nuhn…..

  162. nunui69 Says:

    Gan mau nanya, kalo repair lapisan HPL atau Tacon Sheet untuk furniture yang ada, biaya per m2 berapa ? kalo ada recomendasi tukang yang bisa dipanggil . . . . . thank’s Gan

  163. penna Says:

    # 160 >> salam kenal juga boss.. mantabbsss… di doain sama ane biar lancar yee boos.. untuk perlatan lumaan banyak bro, klo mau jlas, coba cari di ace hardware deh. bisa jelas disana. kaya cicle saw, meja potong, bor, obeng, router, jigsaw..wahh banyak deh boss.. ente dateng aje ke tempat ane, trus dicatet sendiri yee.. ane aja kadang lupa apa aja yg udah dibeli hehehe
    # 161 >> apenya yang nyambung nihh boss.. hehehee..lupaa.. maap
    # 162 >> wahh ane kagak tau perkiraan cuma repair nya aja..biasanya tergantung pekerjaan bro, susah atau nggak nya..misal, perlu bongkar banyak atau nggak, pekerjaan lama atau nggak..gitu sihh boss.. coba aja, dateng2 ke workshop2 mebel, bawa fotonya trus suruh survey. klo udah diliat biasanya dia berni ngasih harga. ok brooo

  164. pan2 Says:

    mantaaaappp… :)
    nanya dunk gan,.. nich kn q mw tmpel mdf pke veneer, tp veneerx b’mnyk,. ada g gan carax ngilangin minyak yg da d’veneer ntu??? bahannya gt…

  165. Angel Says:

    Gan, met kenal.
    Saya mau tanya kalau HPL di finish PU cleardoff gpp ya?
    Setelah berbulan2 apa tidak ngelupas2 PU nya?
    Thanks

  166. Susanto1556 Says:

    bos ! mau nanya nih ! gimana cara menempel tacon supaya tidak timbul gelembung undara ? trus lem merek apa yang bgs ? & klo dah di cat pakai cat minyak py bisa langsung ditimpak gak pakai tacon ? atau mau di bersih kan dulu cat minyak nya ? thank bro !

  167. anto Says:

    salam sukses pak bro,..pemula nih
    saya jadi tertarik buat sendiri pintu kitchen bawah
    rencananya tebal pintu18 mm,..3mm poly+12mm+3mm lapis HPL,
    kalo mau nempel triplek dgn triplek pake lem apa y? apa hrs di paku jg?
    kusennya ukuran brp y?krn mau di tempel di beton,…ukuran 1.5×2 in bisa gak y?

    thank u pak bro sblumnya…

  168. inem Says:

    Dear Abang Pena,

    Saya ada masalah pasang HPL Grasmarino untuk bikin top mejz ukuran 200×120 . Setelah dipasang beberapa hari kemudian ko ngelupas / lepas . Trus saya betuun lg …. eh kok ngegelembung di tengah ….. saya jadi pusing nih….lem yg saya pakai lem fox .
    Mohon info nya cara nempelin biar ga lepas2 terusssss

  169. eDogaw Says:

    Siang Mas,
    Saya Baru Mau Usaha Furniture Sendiri
    Tetapi saya Masih Bingung Dengan Bahan Yang Baik(Tahan Lama- Konstruksi Kuat) Tapi Harganya yang Low Budged
    dan Material Finishing apa yang Murah Tapi Tak terlihat Murahan..

    Terimakasih

  170. Aff Says:

    Bisa tampilkan fotonya potong edging (pinggiran) HPL dengan penggaris siku (besi ya?). Kebetulan saya mau coba pakai HPL untuk kicthen set di rumah. Buat sendiri gan…

  171. RIZQI Says:

    gan mau nanyak nih..aq bingung ampe pusing 9 keliling..aq disuruh bantuin desain ruang rapat..kondisi eksisting menggunakan dinding batu bata..rencananya mau saya finishing pake veneer cuma temen bilang “ntar gampang sobek” akhirnya aq pake finishing HPL.. sebelum finishing HPL rencananya stlah dinding saya lapisi dengan KALSIBOARD dgn pertimbangan agar mudah dibentuk plus sbg peredam suara, nah permasalahannya adalah apakah HPL bisa menempel kuat dan tahan lama di bidang kalsiboard?..mksh gan..aq tunggu jawabannya.. ^_^

  172. penna Says:

    # 164 >> buat ngilangin bekas lem bisa pake afthuner boss. bisa dibeli di material/toko bangunan terdekat. klo thinner,terlalu keras, takutnya lepas tuh veneer. klo dikit mah gak napa2.
    # 165 >> gak apa2 boss..ane pernah ngerjainnya. tapi kudu diamplas pake amplas halus. klo gak bisa timbul bintik2. lansung di tiban clear juga gak apa2.
    # 166 >> biar nempel tacon gak ngelembung klo buat yang baru kayanya kudu 2 orang bos, coz pemasangan kudu diurut. dari tepi satu ke tepi yang lain. abis itu ditekan2 deh. tumpuk triplek aja bro. rata dahh :lapar
    # 167 >> klo mau nempel triplek dengan triplek pake lem kuning aja bisa koq. sama aja hasilnya. klo mau dipaku, mendig pake tembak boss, coz nanti keliatan bekas lubangynya kalo pake paku biasa. meski pake HPL juga keliatan. apalagi kalo HPL nya gloss.. di dempul pake sanpolak klo gak mau keliatan lubang2.
    # 168 >> klo udah ngegelembung gitu mah, kudu dilepas lagi top tempelannya. pake thinner aja buat ngelepasinnya. trus di lem ulang, baru deh pas mau ditempel diutur dari sisi sudut ke sudut yang lain.
    # 169 >> waduhh klo mau yang pake yang bahan yang bagus mah, otomatis harga gak bisa murah gan. mending pas pembuatan RAB dibikin 2 alternatif. jadi kliennya sendiri yang milih. nanti kita jelasin kekurangan dan kelebihannya. klien pasti ngerti koq. untuk buat harga yang menengah kayanya finishing HPL untuk bagian luar udah ok koq. dalam pake PVC (tacosheet, decosheet dan sheet2 yang laen.. :cendol) gudluck bro buat usahanya.. :2thumbup
    # 170 >> coba ente liat di foto deh boss, gampang koq, tinggal diserut2 aja motongnya. ane disini juga kaya gitu. abis itu diamplas biar halus deh pinggirannya. pake amplas 1500 aja. jangan amplas kasar.
    # 171 >> weittsss..tenang bro, lem kuning di hajar ke HPL vs kalsiboard mah masih kuat. ane jamin. diamplas dulu kalsiboardnya. klo udah masuk dempul tuh kalsiboardnya juga perlu diamplas. klo permukaanya kasar mah nempel pastinya. tenang bro, ane pusing 12 keliling aja pernah :matabelo

  173. fitrah Says:

    Halo mas penna, saya muh. fitrah dari sulawesi yg coment lalu (2011) di tema pemasangan HPL. Mas kalo saya mau belajar aplikasi di ws nya mas penna bole gak? sambil bawa handycam, supaya bisa lebih ‘nangkap’ ilmunya? kalo bole kapan bisanya n bagaimana hub mas penna? Makasi

  174. Sodik Says:

    Jempoooool abis ni blog boz….
    Mau minta pencerahan ni boz, sy lagi bikin pintu, rencananya mau pake HPL Finishingnya, kendalanya saya masih awam banget yang namanya HPL. Cara aplikasinya blom pernah coba. Mohon minta dijelaskan, jika berkenan.Pintu yang sy buat, rangka kayu kamper+plywood 12 mm depan blakang. Nah aplikasi HPL mulai dari mana + langkahnya gimana biar nempelnya bagus dan awet. Satu lagi, sya juga g punya alat pres, caranya gimana ya kalo tanpa alat itu. thanks.

  175. deby Says:

    mau nanya nih Mas, saya mau melapisi meja dengan taccon. Meja tersebut dalam kondisi dicat ducco< apakah saya harus amplas dahulu cat lama sampai bersih baru di lapisi dengan taccon? kemudian ada beberapabagian yg akan saya cat ulang dengan cat kayu biasa, apakah cat ducco yg lama juga perlu di amplas sampai bersih sebelum dicat ulang ? Tolong dijawab segera ya mas, karena hari Sabtu besok udah harus kelar mejanya :) Matur Nuwunnnnn

  176. ade Says:

    bos kalo pasangin / tempelin tacon aja bisa ga?anakbuah bos ngerjain
    6 unit lemari uk: 170 x 400 x 130
    berapa ongkosya? thanx bos

  177. ade Says:

    Salam kenal bos,mohon infonya dong,, saya lagi buat lemari kecil dan mau nempel tacon nya, kalau pakai lem TACO GLUE mutunya bagus ga bos? kalau pake heverin dah pasti bagus kan… thanx banget bos atas info

  178. Ali Says:

    Numpang ya bos, klo misal tanya jawab diikutin gambarnya gimana, biar lebih afdhol gitu…..trims.

  179. penna Says:

    # 173 >> haloo boss.. sett jauh amat sulawesi yaa.. hehehee.. gini deh gan, nanti ane sedian waktu buat yang laennya juga. biar bareng maksudnya. biar sama bisa sharing juga, ane juga masih itungan pemula.. hehehee..
    # 174 >> klo nempel pintu polos mungkin gak masalah bro, yang susah kan klo pintu panel yang banyak tropilannya.. wahhh ini susah bos, mending klo mdel pintu panel mah di cat aja, melamine juga udah bagus bro. klo eandainya pintu polos, proses penempelan HPL mah sama kaya nempel kabinet ata yg lainnya. mulai di urut dari bawah ke atas, klo lebarnya besar, lebih baik berdua proses penempelannya, biar yang satu lagi megang sudut yang yang laennya. jadi lebih rapih, coz klo salah susah buat benerinnya.
    # 175 >> gak usah diamplas sampe bersik klo mau di tempel tacon, cukup amplas kasar aja. biar gak lemnya lebih nempel. trus untuk beberapa bagian bekas cat duco lama yang akan di cat kayu biasa lebih baik di kelotok dulu bagian cat duconya. (pake pain remover atau diserut), klo cat duconya udah ilang baru deh di melamik.
    # 176 >> klo bulan november bisa bos?? ane ada yang dikejar2 nih..hehheee.. maklum lah boss. mau ikutan lebaran haji :cendol
    # 178 >> ahhhh.. itu dia, templatenya kudu dirubah, ganti banner aja ane kagak bisa.. :cd

  180. desain rumah,desain rumah minimalis,rumah minimalis Says:

    Infonya sangat bermanfaat dan sangat membantu saya dalam ide desain rumah minimalis modern, bagi sobat yang ingin melihat koleksi gambar rumah minimalis modern,rumah sederhana serta desain rumah impian silahkan kunjungi Rumah Minimalis

  181. rudy Says:

    selamat sore, saya bisa minta saran untuk pembuatan pintu lemari pakaian agar bisa lurus ( tidak melengkung ) bagaimana ya caranya. apakah dari pemilihan bahan atau ada teknik/ treatment khusus yg perlu dilakukan. terima kasih

  182. Fenny Says:

    Salam Kenal Penna..
    Saya rencana mau ganti lapisan luar lemari kitchen set saya dengan HPL (semula menggunakan Taconsheet, tapi udh mengelupas semua)..
    Dan untuk menghemat biaya, rencana saya mau beli sendiri HPL-nya dan saya panggil tukang untuk kerjakan..
    Untuk lem yang bagus menggunakan apa ya?
    Kalo tukang saya tidak pernah mengerjakan HPL, apakah hasilnya bisa jelek?
    Mengingat jika memanggil orang kitchen set harganya sekitar 1.5 juta..dan itu diluar budget saya..
    Dikarenakan tukang saya belum berpengalaman, mohon dibantu langkah2 pemasangan HPL-nya jika sebelumnya menggunakan Taconsheet..
    Mohon pencerahannya ya..
    Thank you

  183. Arifin Says:

    pak, mau tanya, kalo pasang tacosheet biar bisa rapih gimana ya? soalnya kalo pake lem fox biru, kadang bisa berunjulan ya :)

  184. Kaskuser Says:

    Gan, ane nempelin tacosheet tp kyknya gak rapih karena banyak udara di tengah2, itu karena lemnya yg jelek, apa ngelemnya gak merata yah? ane beli lem di material 20rbuan.
    Sebaiknya ane bongkar trus ane tempelin lagi tacosheet yg lamanya, apa pake yg baru yah?
    (Cendol awarded) :toast

  185. Aldi Says:

    Min mau nanya nih , kalau pemasangan HPL dengan menggunakan mesin carannya gimana ya ?
    Terus perbandingan Biaya Finishing dengan menggunakan HPL dan Polintur itu biasanya bedannya berapa per meter ?
    Terimakasih yaa.

  186. Armyan Says:

    Assalamu’alaikum.
    salam sukses selalu,. pak Penna,. saya mau konsul,
    kebetulan kami sedang mengerjakan dinding backdrop ukuran lumayan besar, dinding dasar plywood fin. HPL,.. lokasi dilampung. butuh saran untuk :
    1. membersihkan permukaan HPL yg sudah dipasang dari plak atow bekas lem,.. kebetulan kami pake lem TACO GLUE,.. karena saat dibersihkan dg tiner permukaan jadi buram.
    2. finishing sambungan antar HPL yg kurang rapi dan berjarak 1mm.. harapan kami saat pemasangan bisa rapat, namun tampilan kurang memuaskan di sambungan HPL tsb. kami sudah coba pake cat duco untuk model isian (natnya), itupun masih terkendala hasilnya masih kurang memuaskan,. bagian nat terlihat mencolok (lebih mengkilap)

    trims pencerahannya, maklum masih tahap belajar.

  187. Toto Hermanto Says:

    Gan kalau yang lapisannya kertas apa namanya, pake lemnya apa, trus kita dapatnya dmana untuk lapisan dari kertas

  188. ino Says:

    trimakasih banyak mudah-mudahan infonya mendapat pahala di sisi Allah SWT. Amiiin…….dapt berguna bagi pembaca

  189. Zhone Says:

    Halo Penna,

    Saya lagi pusing nih, udah 2x ngalamin multipleks 15mm jangankan potongan 45×200 yang 60×80 aja baru beberapa hari setelah potong pada melengkung, padahal baru aja dipasang, produksi selesai juga blom. Pernah ngalamin kaya gini ga? udah 2 kualitas bahan dicoba hasilnya sama. Ada tips ngatasinnya? dan gimana sih ciriin multipleks bagus jeleknya?

  190. hendri Says:

    wahhh….
    mantap gan….
    pertanyaaan di libas abiss…
    btw ane mw belajar jg nih….
    kira2 ada waktu tgl brp gan..
    biar bareng ama yg laen…
    hehe…

  191. nano Says:

    salam kenal numpang naya,kalo pelapis untuk venishing funitur kayu yang warna mirip sungkai apa ya dan berapa harga /m,dan di mana bisa ku dapat,trimakasih

  192. haneya Says:

    Salam Kenal om penna, ane pasang edging alumunium diplywood 18mm pake hpl 2 muka tp koq gak muat ya, gmn caranya?, trims sukses selalu

  193. penna Says:

    #180 >> mansttabbb… yang mau liat rumah minimalis kunjungin aja blognya si agan..
    #181 >> nahhh klo agan bermasalah sama pintu kayu yang gak lurus, mendingan bidangnya dikecilkan gan, dibuat beberapa pintu, atau dibuat tebalnya 4 cm, jadi dibuat rangka. baru deh digak melengkung. klo ada budget lebih mah, dibuat pake frame alumunium gan, dijamin ampuh. :2thumbup
    #182>> lebih baik sih jangan menggunakan tacosheet boss, lebih riskan pengerjaanya, klo HPL ane yakin bagus, asal si tukang punya perlengkapan pertukangan yang memadai, misal klo menggunakan edging, lebih afdol kalo motongnya pake mesin router, atau kalo mau sabar di sayar pake cutter, nahh klo pake cutter di butuhkan kesabaran tingkat tinggi.. :mewek klo saran ane, udah murah lah itu 1,5 daripada agan bikin trus hasilnya kecewa…servis lagi sama tukang yang laen.. saran doang sih gan. :siul
    #183 >> klo pemasangan tacosheet pake lem yang agak encer bos, atau lem birru agak diberikan pengencer lem. tapi inget, bukan thinner, ada jenisnya.. pengencer lem ane lupa namanya. ane gak ada msalah disni klo pake lem biru. mungkin salah pada saat pengeleman…
    #184 >> hehheee… itu salah saat pengeleman sama penempelan kayanya gan. saat menyapukan lem ke bidang triplek kagak rata keringnya, pasti grunjulan tuh lemnya. trus saat nempelin salah juga, yaa begitu. lebih bagus dibongkar gan, biar bisa agak rapih. mulai dari awal lagi. :beer:
    #185 >> klo masang HPL mah gak usah pake mesin, gampang. pake manual aja. perbedaan cukup lumayan gan, bisa sampe 100 ribuan permeter untuk materialnya, belon jasanya. tergantung agan pake kualitas sdm yang berapaan.
    #186 >> udah ane email yaa boss.. yang waktu itu kan.. hehheee..
    #187 >> Namaya PVC maksudnya kan.. itu ada beberapa merk deh, biasa ane pake tacosheet dan decosheet. mending pake lem yang agak encer, kecuali klo agan punya tukanya bagus, ane jamin dia bisa pake lem kental sekalipun. jangan di cari boss, di belii yaa.. susah klo nyari dapetnya dimana :iloveindonesia agan di mana dulu lokasinya?? klo diluar jakarta ane kagak tau boss.. hehheee..
    #188 >> Thank u boss… seandainya yang laen pada mendoakan ane, pasti ane semangat jawabnya.. hahhaaa… becanda boss… iya boss sama2 :cendolbig
    #189 >> ahh serius boss… mungkin agan gak beli di toko khusus jual material furniture kali ya. gini deh boss, coba pake MDF, mudah2an gak miring, asal jangan terlalu banyak bongkar pasang saat penyetelan, karena bekas sekrupnya suka slek.
    #190 >> siyaaapp bosss…masih belon selesai nih konsepnya, emang ente mau bantuin bikinin konsepnya.. hehheee… klo mau…
    #191 >> banyak koq contoh HPL dan lain2… coba aja di cek, mereka punya buku katalognya. tinggal di cari yang mana yang coraknya mau dipake. di Pangpol, pinangsia dan daerah klender.
    #192 >> gini boss, bagian belakang pake PVC dan luar pake HPL pasti masuk. edging alumunium biasanya ada yang 18mm dan 22mm. klo mau pake luar dalem HPL bisa pake edging yang 22mm. HPL 2mm/lebarnya total bolak balik 4mm + triplek 18 mm. sama dengan 4+18=22mm Passs.. besok keluar nomornya tuh.. pasang gann..!!!! :ngakak

  194. pengenbisa Says:

    misi gan..
    mau nanya nih..
    pernah liat di youtube,orang bule nempel HPLnya tuh pake lem semprot warna merah.. kira2 jenis apaan ya?

    trs adalagi, lem kuning tapi enceeerr bgt…
    ngolesinnya pake roler ato kape,sambil ditinggal ngobrol2,dtunggu ampe bnr2 kering.. emg gt y bos kalo lem kuning bs diencerin? pake apa?

    makasi boss..

  195. penna Says:

    #194 >> untuk yang agan liat di youtube, itu sama aja gan kaya lem yang kita pake. cuma jenisnya yang untuk spray (semprot dengan menggunakan kompresor) biasanya pabrikan gede kaya gitu gan atau menggunakan mesin press khusus buat laminate. nahh klo agan mau pake lem model kaya gitu tinggal bilang aja sama toko nya, jenis lem yang spray. emang jarang yang jual kaya gitu, hanya di toko2 khusus material furniture aja. seandainya agan udah punya lem kuning, agan tinggal beli pengencer lem aja. inget gan, bukan thinner atau afthuner yaa.. bisa berabe klo pake itu boss :dp nempel nggak, manyun iyee.. hehheee…
    sama2 boss..

  196. Mebel ukiran Jepara Says:

    mantap infonya
    http://www.mebelukiranjepara.com/

  197. artcrime Says:

    bos ane mo nanya,gmn caranya pasang paper pada particle board,agar hasilnya tidak kulit jeruk,itu kita pakai mesin pres,tp hasil kok masih kulit jeruk ,makasih master penna. . .

  198. bloggercopast Says:

    ikut nongkrong mas bro

  199. erwin Says:

    met pagi…..salam kenal,saya tinggal disby,mau iseng@ buat kitchen set dewe..:D tapi bingung untuk sambungan-sambungan multiplexnya,mgqn ada saran…lalu tuk pernak pernik kelengkapan guna menyelesaikan kitchen setnya tuh dpt dibeli dimana…??(semacam bahan2 yang ada waktu kita beli lemari knockdown)thx tuk infonya

  200. penna Says:

    #196 >> sama2 bro…
    # 197 >> hehhee… master darimane dulu nih boss… drunken master maksudnya… :siul paper maksudnya PVC yah gan. biasanya sih klo pake mesin press lemnya yang semprot deh atau pake lem putih. mesin press khusus laminate kan?? ane biasanya sih gak grunjulan gan. koq bisa. bisa jadi tripleknya yang gak rata.
    # 198 >> silahkan boss.. kopinya jangan lupa :toast
    # 199 >> wahhh ane kagak bisa jawab klo buat toko di surabaya gan, gak tau daerah sonoh.. hehhee.. klo ane saran mah, buat sendiri tapi kudu didampingin tukang juga. jadi biar ada yang ngarahin. semoga sukses boss.. :ngacir2

  201. mang ar Says:

    sorry master saya belum tau apa apa ni..tapi mau tanya dikit..saya rencananya mau buat sedikit furniture untuk dikamar..tapi pengen tau dulu sebelumnya tentang bahan bahan..kalo furniture yang dijual di toko toko yang bukan dari kayu..seperti dari serbuk kayu yang di press itu apa namanya ya.?.trus pelapisnya itu apa digunakan.?.kalo mau buat yang seperti itu bahan – bahannya bisa didapatkan dimana.?.dan berapa kira kira biaya yang dibutuhkan..thank sebelumnya master..

  202. penna Says:

    # 201 >> wekekee… si amang lagi..hehhee.. partikel board namanya boss. untuk pelapis bisa pake PVC, HPL atau tykoot koq boss dan bahan bisa didapat di toko kayu khusus jual furniture yaa boss…awas jangan di toko listrik, berabe ntar :ngakak untuk biaya relatif gan, nahhh ane aja kagak tau ente mau buat lemari ukuran berapa x berapanya..jadi mending ane bilang relatif gan.. :dp

  203. mang ar Says:

    thank ya master atas infonya..he he

  204. Fernando Says:

    mau tanya bos kalau pintu kabinet kitchen set pakai kaca warna hitam trus untuk finishing kelilingnya biar bagus pakai apa ya? thans…

  205. penna Says:

    # 203 >> sama2 kang.
    # 204 >> pake edging alumunium gak, sumpaahhh jdi keren. :2thumbup

  206. sae Says:

    mau nanya nih cara menempelkan kitchen set ke dinding

  207. jersey Says:

    selamat malam bang….mudah mudahan ada dalam sehat wal afiat selalu…amiin… wah basa basi nih ,,ada mau nya …………….saya mau nanya saya mau dekor konter yang cuma 2×2,5m…pake taco sheet atau hpl.saya punya anggaran 2 juta rupiah saya mau pake panel 28lebarx190tinggix5tebal.sebanyak 6 pcs rak 27x80x5 sebanyak4 pcs itu cukup gak tuh dengan duit segitu….atau kalau panel nya terlalu mahal.mungkin saya mau pake mutiplex yang tebal 22mm..tapi wajib di lapisis hpl atau taco sheet warna dasar putih list nya merah….kira kira bisa gak boss anggaran segitu bisa dapat 6 panel sama 4 rak…mohon pencerahan nya

  208. Adrina Says:

    Halo mas, salam kenal yaa… lama nyarinya, baru ketemu nih blognya mas penna yang paling komplit deh… Boleh nanya kan mas? Gini, kebetulan saya lagi bangun rumah, terus renncana mo pake desain interior yg ngerjain tukang saya.
    1. Klu dinding yang udah di cat, bisa ga dilapisin pake HPL atau harus di keluarin cat nya atau harus pake multiplek dulu? klu menurut tukang sih permukaannya rata jadi bisa langsung di lapisin HPL.
    2. Klu buat credenza tv, bagusnya nyatu sama dinding atau yang bisa dipindah?
    Mohon penjelasannya mas, maaf ya klu ngeropitin.
    salam..

  209. peter Says:

    Master Mebel, mau tanya dong ane lagi bikin Meja nih udah jadi rangkanya tinggal nempel hplnya. merk hpl apa yang kualitasnya berasa kayunya ya. ane ngecek merk formica kayanya bagus yang tipe naturalle. formica sama aica bagus mana ya master? terus cara nempel HPL itu edging dulu atau yang atas dulu biar rapih ya?

    Tq master

  210. penna Says:

    brooo…sorry semua, baru bales ane balsem deh sekarang..
    # 206 >> nahhh..biasanya pake kayu ketemu kayu juga boss, atau dateng aja ke tempat aksesories kitchen, tanya aja bracket gantung buat kitchen… inget yee gan, buat gantung kitchen, bukan gantung diri..itu mah tali rapia juga jadii.. hehhee…kidding gann… :hammer
    # 207 >> gan..jujur, jt terlalu mepet banget.. itumah kepepet kayanya yee boss… mending mah pake besi siku L aja, jadi tingal kasih rak2 gitu. kan dinding belakangnya udah ada tembok, jadi tinggal di phisser trus dikasih sekrup atau pake dinabolt juga bisa…mantebb gan, mari usahaa… :selamat
    # 208 >> ooo jadi gitu.. ane coba jawab neh boss.. no. 1 klo udah rata gak apa2, tapi pastiin jangan ada bekas semen kering yang mrentul2 itu, karna kalo gak rata, pas kena lampu downlight bakal keliatan bintik2nya. no. 2 credenza tv emang bagus modelnya bisa dipindah2 boss kan namanya credenza, klo panel TV itu baru tetep aja di dinding…kalo dia mau lari, baru kita iket bosss… :bingung: hehheee…
    # 209>>> hahhahaaa… banyak kali yang master disono boss… ane mah masih kelas kacang garing, :dp ..bro, untuk bagus gak nya, kalo udah merk yang ente sebutin diatas, kayanya sama boss, coz dimana2 yang harga hpl klo udah motifnya kasar dan hampir menyerupai kayu harganya diatas rata2 boss.. itu sih setau ane, untuk pemasangan apalagi buat meja kan keliatan dari atas tuh, edging nya dulu boss maksud ane, sampingnya dulu..jadi pas nempel top, sambungan hpl yang hitam itu gak keliatan. keliatannya hanya dari samping.. begono boss… sukses yaa..

Leave a Reply

CommentLuv Enabled
[+] kaskus emoticons nartzco