blogpenna.com

February 27th, 2011 Packaging Barang

Mungkin artikel kali ini saya mau bahas pentingnya packaging/pembungkusan barang saat pengiriman. Buat workshop seperti saya ini, pengepakan/packaging menjadi salah satu hal yang sangat penting. Begitu juga pabrikan besar lainnya…klo mereka bentuk kemasannya sudah bagus dan sesuai dengan bentuk barangnya. tapi klo buat funiture custom seperti yang biasa kita buat, dari mulai pemanfaatan kardus bekas sampai kain2 sisa potongan baju (kain bal)..yahh maklumlah gan, usaha kecil mandiri sejahterah..heheee…:cendol
Setelah kita beberapa kali mencoba bentuk packaging yang cocok, akhirnya kita pilih dari styrofoam (semacam bentuk busa yang biasa kita lihat pada kemasan makanan, minuman dll) lembaran/roll dengan ketebalan 0,4mm dengan panjang 50 meter/roll. Mungkin buat harga agak relatif tinggi, tapi kegunaan yang didapat cukup tinggi dan efisien boss.. khususnya pada barang2 dengan finishing cat resiko kerusakan saat pengiriman barang cukup tinggi gan.. daripada tuh barang rusak, trus bawa ke workshop buat di servis lagi lebih baik kita anggarkan dana buat packaging. Lumayan banyak yang didapat, selain lebih efisien dan tingkat resiko kerusakan barang yang dikirim jadi lebih kecil.
Untuk aplikasinya cukup mudah koq, tinggal digelar aja dimeja terus di taruh barang yang akan dikirim diatasnya. Potong bagian samping (yang akan dilipat) dengan cutter terus dlipat dengan direkatkan pakai lakban kertas (yang biasa buat keperluan cat). Terus, potongan kardus juga perlu gan, buat ngeganjal barang dengan barang lainnya…terus satu lagi gan, HATI2 saat pemindahan…ok boss..
nih gan, ane kirim foto2 nya..siapa tau ada ide lain… :Peace:

Biar gambarnya lebih gede, klik disini gan

8 Responses to “Packaging Barang”

  1. Lowongan Kerja Cpns Says:

    Salam damai n sejahtera Penna, posting yang informative. Kl blh ksh saran, akan lebih baik jika postingnya direkomendasikan di berbagai social directory, feedburner, dsb, agar bs bermanfaat untuk pembaca yang lebih luas, salam kenal, feel good, sukses selalu.

    [Reply]

    penna Reply:

    salam :Peace: juga gan, thanks buat sarannya.. masalahnya ane kurang2 ngerti kaya gitu bos, ganti banner blog aja belon diganti :cd . Yahh maklum, newbie nih.. lagian masih banyak di luar sana yang bisa ngasih saran lebih jago dan ngerti dari ane… :beer: btw, thanks juga buat jjs blognya.. next time ane ke tempat ente ya gan.. siaappp…!!!

    [Reply]

  2. sugirafi Says:

    Ya mas betul packing yang baik menjamin keamanan produck saat pengiriman jangan sampai di komplain atau di klaim gara gara barang rusak di perjalanan… cuma nambahin sedikit pada bagian sudut di beri pengaman berupa potongan kardus di buat kubus lalu dibuang salah satu sisinya dan di lakban di setiap corner.

    [Reply]

  3. heri Says:

    Pak penna boleh tau info beli lembaran sterofoamnya dimana pak? Lokasi saya di kota dekat pinangsia. Trims

    [Reply]

    penna Reply:

    klo di daerah pinangsia biassanya dibelakang deh boss.. deket toko2 yang jual perlengkapan listrik2 itu. klo mau pasti di pinangsia abadi aja. ane biasanya beli disitu. btw, packaging lembaran itu biassanya dipakai sama tukang parkit juga buat underlayernya. tapi ane saranin jangan beli yang terlalu tipis, ntar gampang sobek.

    [Reply]

  4. heriawan Says:

    pak penna bole tau beli rol-an styrofoam dimana? saya di daerah pinangsia. trims

    [Reply]

  5. Packaging Barang | Wood Flooring - Parquet Lantai Kayu Terbaik Says:

    [...] Source: http://blogpenna.com/tips-saran-dan-proses/packaging-barang.html [...]

  6. Hotel Says:

    Artikel yang menarik dan bermanfaat semoga Paket Wisata Garut bisa mengikuti kepopuleran kota Bandung sehingga bukan hanya Hotel di Bandung yang laku akan tetapi Hotel di Garut

    [Reply]

Leave a Reply

CommentLuv Enabled
[+] kaskus emoticons nartzco