blogpenna.com

November 4th, 2010 Saran dan Tips menggunakan material MDF untuk cat duco

Mungkin beberapa pembaca ada yang mengeluhkan, gimana sih buat pintu lemari tidak bergelombang setelah diberikan aplikasi cat duco. Banyak koq yang punya masalah seperti itu.

Mungkin ada beberapa cara, salah satunya yang biasa saya pakai. Misal anda mau membuat pintu lemari, usahakan ketebalan dari pintu itu sendiri minimal 18 mm. Saya gak sarankan dibawah minimal 18 mm, karena engsel dari pintu akan lebih baik dengan sekrup 15 mm. Maksudnya disini supaya lebih kuat dan dalam sekrup tersebut masuk ke bidang pintu karena kemampuannya untuk menahan beban pintu itu sendiri. Beda cerita dengan rel laci, yang sekrupnya masuk kebidang kanan dan kiri (samping2nya) otomatis lebih kuat dibanding
engsel yang hanya 1 sisi saja. (klo gak ngerti, tanya tukang aja..ntar di contohin..hehheeee… :bingung )

Ok, balik ke material pintu..biasa saya menggunakan blockboard 18 mm lalu pada muka bagian depan (yang akan di ekspos) saya berikan mdf 3 mm. Caranya dengan ditempelkan minimal dengan lem fox kuning tetapi yang prima (kaleng warna biru) atau lebih baik dengan lem Haverin (tergantung budget klien bro..). karena sifat dasar thinner yang panas bisa membuat lem (khususnya lem murah yang biasanya dibawah 100 ribu) akan memuai dan lama2 terlepas dari bahan yang ditempelkan yakni 18 mm-15 mm. MDF untuk lapisan muka akan menampilkan kesan rapih dan rata saat setelah selesai pengaplikasian cat.

Kenapa saya pilih blockboard, karena diantaranya…cukup ringan sehingga umur pemakaian dari engsel lebih panjang, lebih rata, tidak bergelombang dan lebih masuk ke budget klien. Akan tetapi body dari kabinet tersebut tetap menggunakan plywood/multyplek 18 mm.

Ok, itu sedikit saran dan masukan..semoga bisa membantu.

14 Responses to “Saran dan Tips menggunakan material MDF untuk cat duco”

  1. Sani Bogor Says:

    met mlm bro, boleh nanya ya…
    saya mo bikin lemari berbahan multyplex 12 mm. rencananya mau saya lapis dengan wallpapper, apakah lem fox biru bisa diterapkan atau harus menggunakan lem haverin (seperti yg bro penna sering sarankan). terima kasih

    [Reply]

    penna Reply:

    bro, pasang walppaper untuk pemasangan di wadrobe jangan pake lem kuning boss.. tetep pake lem wallpaper itu sendiri, hanya bubuk lemnya dibanyakin atau dibuat kental trus di campur dengan lem putih. trus perhatikan bidang triplek itu sendiri juga. jangan terlalu kasar, pasti keliatan klo gak rata. sama2 gan..

    [Reply]

  2. irga Says:

    om..klo kita udah lapis MDF trus proses ngecat duconya sama kaya yang di post om yg satunya?? (sanpolak->amplas->epoxy->epoxy->amplas->color->amplas->PU->amplas->gosok)??

    [Reply]

    penna Reply:

    iyaa boss.. klo mau bagus gitu.. tapi biasanya orang klo mau standar aja sih cukup ( sanpolak->amplas->epoxy->epoxy->amplas->color ) nah kolor bisa 1 kali atau 2 kali. klo sampe mau dipoles (sanpolak->amplas->epoxy->epoxy->amplas->color 2kali->amplas->PU 2 kali->amplas pake air dan kertas amplas 2000->gosok (maksudnya dipoles boss..pake mesin poles lagi buat ngilangin hasil seperti kulit jeruk) dicoba aja gan,,

    [Reply]

  3. irga Says:

    thx om..
    berarti lem MDFnya musti bener2 bagus ya biar gak nglupas..

    btw tukang ane bilang katanya cat PU lama-lama itu menguning ya (yellowing) terutama warna terang..apa bener?? cara biar awetnya gmn om??

    [Reply]

    penna Reply:

    Pake Lem Fox yang warna biru aja boss.. biar gak ngangkat. karena kan thinner sifatnya panas. kelamaan takutnya ngangkat boss lapisannya..
    kalo pake thinner murah emang suka nguning boss.. lagian ane untuk tahap akhir pake cobra hitam koq thinner nya pas dicampur sama clear. klo mau awet, tiban pernis lagi boss.. trus dipoles.. cuma bukan dari PU nya impra.

    [Reply]

  4. hendra Says:

    kalo pake lapisan mdf harus tetep pake sanpolac ya? gak bisa kalo langsung di sanding sealer? proses sanpolac biasa berapa lapis gan?

    [Reply]

  5. penna Says:

    # 7 >> yuppp..bener..kudu pake sanpolak dulu. klo mau awet dan gak gampang gores emang tuh MDF sebelum di sanpolak di semprot sending dulu. asal rata aja. baru deh di sanpolak. trus di ikutin tahap2 penyemprotan duco nya. ane biasa prose sanpolak bisa 2 tahap boss. untuk masih2 tahap ane biasa 1 lapis (tergantung dari hasil amplasan pertama..rata atau nggak nya..yee kan boss..) trus pas setelah di semprot epoxi juga ane lakuin control pada lubang2 yang gak tertutup trus dikasih sanpolak lagi deh.. baru deh naek cat abis itu. :cendol
    semoga bagus yee boss hasilnya…

    [Reply]

  6. Inneke Says:

    Salam kenal…
    Hebat banget ya mau ngajarin kita2 ?
    PU danagloss berarti bisa d ulang ya? Setelah yg pertama?
    Katanya kl d ulang 2x bisa pecah
    Bener ato gak tuh? Tq yach

    [Reply]

  7. beta Says:

    lebih kuat mn dy rekat sunpolac menempel di mdf sm menempel di sanding?? sunpolac disekrap or semprot boss??

    [Reply]

  8. kurniawan Says:

    Salam kenal..

    Mau nanya unt finishing duco : jika pakai prosesnya lgsg mutiplek di tempel melaminto lgsg di cat duco tanpa epoxy apa bisa? Kalo bisa apa boleh saya lanjut unt di glossy? Kalo tanpa epoxy apa kekurangannya? “Untuk kompresor yg suaranya gak bising harganya brp? Maaf banyak pertanyaan : )

    [Reply]

  9. penna Says:

    # 9 sama gan. bisa diulang boss..tergantung tukangnya, asal bisa dikupas dulu lapisan terakhir bisa dijalanin lagi tahap sebelumnya. coba cek artike ane yng baru.
    # klo buat bahan dasaarnya MDF duco di semprot sending dulu lebih bagus dan kuat gan, sanpolac di sekrap pake kape aja. biar kuat dan masuk ke pori2nya. jadi amplasnya nanti cepat dan rapih.
    # 11 melaminto kudu di epoxy dulu, tapi nempel melamintonya nya kudu rapih..klo nggak keliatan grunjulan. tanpa epoxy gak kuat gan, sayang…suka ngelupas2 gitu. saran, klo buat glossy, mending pake nya yang blokmin. lapisan melamintonya udah tempelan dari pabrik. bukan manual. cek artikel ane aja.
    all >> thanks buat sharing :iloveindonesia GO PRODUK INDONESIA

    [Reply]

  10. ASEP Says:

    BAGI INVESTOR YG MAU BUKA PABRIK CAT DISURABAYA, SAYA ASEP SIAP
    KERJASAMA BAGI HASIL 60-40,DENGAN MODAL 1M-2M,KEUNTUNGAN 29%,TERM KASIH
    085853022722/03128875281

    [Reply]

  11. Collette Says:

    You post interesting posts here. Your website deserves much more visitors.
    It can go viral if you give it initial boost, i know very useful service that
    can help you, just type in google: svetsern traffic tips

    [Reply]

Leave a Reply

CommentLuv Enabled
[+] kaskus emoticons nartzco