blogpenna.com

June 20th, 2012 Sharing juga buat masalah klasik..hehheee..


Mungkin artikel ini gak terlalu penting juga, tapi itu dia..ane Cuma mau sharing lagi..dalam menekuni bidang ini, kita kadang2 terkendala tentang komitmen bagaimana saat pertama kali presentasi dengan klien. Misal, untuk urusan design dan perencanaan, ane berani taruhan…dalam membangun sebuah hunian atau membuat sesuatu dibutuhkan perencanaan yang baik bahkan di butuhkan juga 3D visualisasi yang baik akan seperti apa produk yang kita buat atau yang akan kita pakai nantinya. :beer:

Tapi, eng ing eng..kadang2 sih.. gak semua juga.. ada beberapa klien yang ngegampangin design dan perencanaan… bukan begitu bukan brader. Padahal, disini kunci dari penetapan suatu hasil produksi bisa terlihat. Apakah sesuai dengan ruangan, konsep dan tema yang ingin dihasilkan. Perubahan pada tahap ini, sangat2 murah klo kita bandingkan dengan hasil yang kita inginkan. Coba aja agan bandingin…cost design dan perencanaan agan pasti lebih murah dengan hasil produksi yang sudah jadi nantinya atau yang akan keluar pada saat RAB keluar. Gak ada seperempatnya lahh boss… hehehee.. iyyee kan…ane bilang juga apa. Apalagi temen2 biasanya membuat komitment untuk perubahan dengan 1 kali revisi, biasanya sih kaya gitu.. makin murah lagi tuh…coba klo barang itu udah jadi trus ente mau rubah lagi.. berapa banyak yang harus keluar dari cost awal. Belon lagi barang yang menjadi cacat (biasanya sih kalo furniture kaya gitu bro..)
Trus masukan buat kita2 juga nih gan… kadang kita malas buat membuat detil dari RAB itu sendiri, tapi kita ingin membuat sesuai dengan yang kita design..jangan ragu deh bro buat mendetilkan semua RAB itu..nanti bisa timbul masalah di kemudian hari.
Dan satu lagi nih bro…kita2 orang disini tuh menjual jasa, yang intinya klien pegang kepercayaan kita sebagai jaminan mereka. Nahh klo udah gini, tanggung jawab buat pekerjan baik itu revisi, komplain lebih baik kita tanggapi. Apapun masalahnya pasti bisa selesai koq….ye kan bro. :afro:
Sama seperti halnya kita menjelaskan cost design di awal. Memang harus seperti itu, klo ternyata gak setuju…lebih baik tinggalin aja bro..nantinya ribet penagihan klo saat pekerjan udah selesai heheheee…seperti yang ane bilang, rejeki mah udah ada yang ngatur…gak usah dipaksain, kaya ane disini..mau ane kerjain sukur, gak juga gak apa2…seharusnya agan yang bersukur dengan adanya skill dan visi di bidang ini..yee gak broo.. :D
Monggo gan di sharing lagee.. :cystg

One Response to “Sharing juga buat masalah klasik..hehheee..”

  1. Budi Kurniawan Says:

    setuju banget brooo,…

    [Reply]

Leave a Reply

CommentLuv Enabled
[+] kaskus emoticons nartzco